Kesehatan : Tonsilitis Dan Infeksi Telinga

Kesehatan : Tonsilitis Dan Infeksi Telinga
Kesehatan - Anak kecil memang sangat rentan terhadap terserangnya penyakit. Sistem kekebalan tubuhnya yang masih sangat lemah membuat virus dan bakteri sangat mudah masuk dan menyerang kesehatannya. Belum lagi, makan sembarangan dan lingkungan tempat tinggalnya yang kurang sehat.

Salah satu penyakit yang biasa di derita anak kecil adalah tonsilitis dan infeksi telinga. tidak menjaga kebersihan telinga dan adanya air masuk telinga saat mandi sering menyebabkan infeksi. Parahnya, hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyakit telinga tersebut dapat menyebabkan gangguan pendengaran di kemudian hari.

Dari tahun 1947 hingga sekarang, The Newcastle Thousand Families Study memantau kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan sekitar 1142 bayi, dilansir dari www.dailymail.com. Setelah melakukan uji kesehatan, ditemukan sekitar seperempat dari mereka dengan usia 60-an telah menderita infeksi telinga dan akan lebih berisiko mengalami gangguan pendengaran.

"Temuan kami menunjukkan bahwa mereka yang menderita infeksi telinga saat masih anak-anak lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran di usia 60 tahun," ungkap Dr Mark Pearce, pemimpin penelitian di Institut Kesehatan dan Masyarakat di Newcastle University.

Sementara itu, Dr Ralph Holme, Kepala Biomedical Research Action on Hearing Loss menambahkan, "Gangguan pendengaran mempengaruhi  satu dari enam orang di Inggris dan sering dilihat sebagai tanda lain dari mulai bertambahnya usia."

Gangguan pendengaran dapat menimbulkan masalah besar terhadap kehidupan kita nantinya. Beberapa orang yang menderita gangguan pendengaran bahkan ada yang terisolasi dari keluarga, teman, dan sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan seperti depresi dan demensia. Ya, meski gangguan pendengaran ini timbul pada usia tua.

Oleh karena itu Ladies, mengurangi tingkat infeksi telinga pada usia anak-anak dapat meminimalkan gangguan pendengaran di usia tua.