Kesehatan : 7 Fakta Tentang Payudara

Kesehatan : 7 Fakta Tentang Payudara
Kesehatan - Sebagai wanita, Anda pasti tahu bahwa payudara merupakan salah satu bagian wanita yang paling penting dijaga kesehatannya. Bagian tubuh ini juga merupakan bagian yang tidak dimiliki oleh pria dan hanya wanita yang mungkin bingung memillih cup yang pas untuk menjaga bagian wanita ini. Itulah mengapa, sangat wajar jika Anda mengetahui lebih dalam tentang apa yang Anda miliki saat ini.

Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, ada banyak hal yang bisa dirangkum tentang payudara Anda, antara lain adalah
  1. Ukuran payudara kiri lebih besar daripada yang kanan. Hanya beberapa wanita saja yang memiliki kedua payudara yang simetris atau sama besar. Hal ini sangat wajar dan bukan hal yang perlu dikhawatirkan.
  2. Kanker payudara merupakan kanker mematikan nomor dua untuk wanita. Peringkat pertama diduduki oleh kanker paru-paru.
  3. Para wanita bisa menurunkan risiko kanker payudara dengan menjaga berat badan ideal, tidak merokok, olahraga rutin, dan menghindari konsumsi suplemen hormon saat menopause.
  4. Badan institusi bernama The International Agency for Research on Cancer menemukan bahwa bekerja shift malam akan meningkatkan potensi kanker payudara untuk wanita.
  5. Satu dari delapan wanita di dunia didiagnosis terserang kanker payudara.
  6. Kanker payudara bisa menyerang siapa saja, tidak hanya yang memiliki riwayat keluarga kanker saja.
  7. Diperkirakan ada sekitar 85% kanker payudara terjadi pada wanita yang tidak memiliki riwayat keluarga kanker payudara. Di sisi lain, sekitar 12-15% mereka yang memiliki riwayat, bisa mengembangkan mutasi gen BRCA atau PALB.


Jadi, itu dia beberapa yang perlu Anda ketahui seputar payudara Anda. Semakin anda sadar akan bahaya kanker payudara, Anda semakin peduli dengan diri sendiri dan orang di sekitar Anda.