Kesehatan : Gejala Stroke Yang Perlu Diketahui

Kesehatan : Gejala Stroke Yang Perlu Diketahui
Kesehatan - Meski memang sering diidentikkan dengan penyakit yang menyerang orang tua, namun bukan berarti hanya orang tua saja yang bisa terserang stroke. Anda pun juga punya potensi terserang stroke. Inilah mengapa mengenali gejala-gejala stroke harus diketahui oleh semua orang sebelum serangan terjadi.

Seperti dikutip dari www.health.com, ada banyak gejala yang bisa Anda kenali untuk tahu apakah itu merupakan serangan stroke atau bukan, beberapa di antaranya adalah

Masalah penglihatan, pandangan kabur
Memang banyak sebab mengapa pandangan Anda bisa kabur atau berkabut, dan salah satu sebabnya bisa jadi merupakan gejala stroke. Gejala stroke bisa menyebabkan pandangan dobel dan kabur, atau bahkan buta sebelah.

Sulit berbicara atau gagap tiba-tiba
Gejala setiap orang bisa berbeda-beda, dan salah satunya adalah mengalami masalah komunikasi atau berbicara. Tiba-tiba saja Anda kesulitan berbicara atau gagap, padahal Anda tidak bermaksud begitu. Ini bisa berlangsung lama, karena syaraf yang mengatur kemampuan Anda berbicara mulai lumpuh. Dan jika Anda mengalami hal ini, 72 persen mungkin sekali merupakan stroke.

Lengan dan kaki yang lemah
Jika Anda sebenarnya tidak memiliki masalah apa pun dengan tangan dan kaki, namun tiba-tiba serasa lumpuh dan sulit sekali digerakkan. Gejala ini sangat umum terjadi secara tiba-tiba tangan dan kaki Anda mati rasa, atau lumpuh. Coba gerakkan siku ke atas sekuat tenaga, tahan, dan jika turun sendiri, maka itu tanda stroke.