Cara Menjadi Vegan Yang Baik

Info Kesehatan Sah-sah saja jika Anda memutuskan untuk menjadi vegan (tidak mengonsumsi produk olahan hewani). Tetapi tahu dulu tata caranya agar kesehatan tetap terjaga. Kunci utama menjadi vegan adalah keseimbangan hidup dan pola makan yang terencana. Misalnya, seorang vegan butuh mengonsumsi makanan yang berbahan dasar kacang kedelai, seperti edamame, tahu dan makanan biji-bijian yang dapat memenuhi protein tubuh. Namun, harus dibarengi dengan olah tubuh yang teratur dan kehidupan spiritual yang seimbang untuk menjaga mood yang stabil.

Stella Volpe, R.D, pengajar dan Kepala Departemen Ilmu Nutrisi di Drexel University, Philadephia, Amerika Serikat menyebutkan
banyak vegan pemula yang salah kaprah. Kebanyakan mereka mengonsumsi makanan pengganti olahan hewani, seperti keju palsu atau kacang-kacangan kaleng. Padahal makanan tersebut buruk bagi kesehatan. Banyak pula vegan yang terperangkap dengan karbohidrat berlebihan dan salah kaprah dengan memilih raw food.

Ketika seseorang menjadi vegetarian yang sering dilupakan adalah karbohidrat yang padat energi dan sehat seperti nasi merah, pisang serta ubi. Kekurangan bahan ini dapat menyebabkan tubuh menjadi  lemas karena karbohidrat yang sehat dan kompleks adalah sumber energi.
      
Berkunjung ke dokter atau menemui ahli gizi adalah salah satu langkah bijak bila Anda ingin menjadi vegan. Para ahli tersebut akan menentukan siap atau tidak, perlu atau tidak tubuh Anda menerapkan pola vegetarian. Para ahli tersebut juga akan membantu merencanakan pola makan dan mengawasi kondisi medis tubuh Anda. Jangan sampai tubuh langsing dan status vegan sejati Anda dicemari oleh tulang keropos dan lemah jantung.