Kesehatan : Bahaya Makan Mie Dan Nasi Di Masa Akan Datang

Kesehatan : Bahaya Makan Mie Dan Nasi Di Masa Akan Datang
Kesehatan - kebiasaan yang paling disuka masyarakat di indonesia adalah makan,  sekarang ini kalau kita makan jangan melihat dari enaknya makanan itu. tapi kita harus mengetahui atau mempertimbangkan kecukupan gizi dari makanan itu. kecukupan gizi yang di perlukan tubuh kita  seperti karbohidrat,protein,lemak, mineral dan sebagainya.

Kalau kita makan nasi dengan mie, maka itu karbohidrat dengan karbohidrat, nasi persi masakan padang saja itu sudah mempunyai kalori sebesar 400 kalori dan di tambah dengan mie instan yang mempunyai kalori sebesar 350 kalori jadi untuk sekali makan mie dan nasi kita memasukan kalori ke tubuh  sebesar 750 -800 kalori / porsi atau sekali makan.

Untuk secara normalnya saat kita memasukan makanan ke tubuh  maka makanan itu akan di cerna  menjadi gula dan akan menyebabkan pankreas kita menghasilkan insulin. jadi kalau kita makan dengan kalori yang begitu banyak, maka akan menghasilkan insulin yang melonjak tinggi dan lama kelamaan  sel tubuh kita mengalami resisten terhadap insulin dan juga  pankreas kita lama lama mengalami "lelah" karena menghasilkan insulin yang berlebihan.  pada akhirnya akan mengalami Resiko deabetes.

Walaupun anda melakukan diet lemak dan protein, jika saat makan anda mengkonsumsi karbohidrat di tambah karbohidrat, seperti mie di campur dengan nasi, dan anda malas dalam melakukan aktifitas, malas berolah raga, maka karbohidrat ini akan di pecah lagi menjadi lemak . dan akan terjadi menumpukan lemak. penumpukan lemak tidak hanya di hati tapi akan berkumpul di perut.  kalau lemak sudah berkumpul di perut, akan mengakibatkan obesitas.

Lingkar perut lebih dari setengah tinggi badan itu akan memicu berbagai macam penyakit salah satunya deabetes seperti yang dikatan Dr.mangatas Sm Manalu,SpPD. dalam acara  Talk show Dokter OZ Indonesia  yang di siarkan di stasiun TV Trasntv

Jadi, kebiasaan makan yang sederhana  ini mulailah pelan - pelan dirubah. walaupun anda ingin mengkonsumsi karbohidrat tapi lengkapi juga dengan mengkonsumsi protein
lemak baik, vitamin dan mineral . 


Sumber : Dokter OZ Indonesia