Bahaya Hemofilia

bahaya Hemofilia Ladies, salah satu bagian terpenting dalam tubuh manusia tidak lain adalah darah. Darah meskipun bukan organ vital, namun perlu dilindungi dari berbagai penyakit. Namun Anda tidak akan kuasa mencegah penyakit darah hemofilia jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan hemofilia, Ladies.

Seperti dikutip dari www.medicalnewstoday.com, hemofilia merupakan salah satu penyakit kelainan darah di mana darah tidak mampu menggumpal dengan baik. Kelainan darah ini merupakan penyakit keturunan.

Jika Anda mengalami kelainan hemofilia, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan kesulitan menghentikan darah yang mengalir ketika terjadi luka terbuka atau pendarahan. Hal ini akan sangat menyulitkan ketika Anda sedang menjalani operasi atau melahirkan, karena darah akan terus keluar dan jika tidak segera dilakukan penanganan yang tepat, bisa jadi Anda kan kehilangan nyawa.

Mekanisme normal darah, dalam hal ini adalah sel darah merah, akan membeku dan menutup luka dengan cara mengubah darah menjadi padat, menghasilkan fibrin dan menyulam benang-benang fibriosis yang akan menutup luka. Hemofilia sendiri memiliki dua tipe yaitu hemofilia A dan B, di mana pasien dengan hemofilia A atau B memiliki cacat genetik yang mengakibatkan kekurangan salah satu faktor pembekuan darah.

Kebanyakan penderita hemofilia adalah laki-laki dan tidak memandang ras bangsa atau warna kulit. Untuk wanita akan sangat jarang sekali dijumpai mengalami hemofilia aktif, biasanya hanya sebagai pembawa gen hemofilia saja dan itu bisa muncul dan terjadi jika Anda memiliki anak laki-laki, Ladies.  

Meskipun memang kelainan darah hemofilia ini sangat jarang terjadi, namun Anda juga perlu mengetahui kelainan darah ini. Untuk mengetahui apakah Anda merupakan salah satu pembawa gen atau carrier hemofilia, bisa dilakukan tes dan dokter akan memberitahu Anda apakah Anda termasuk carrier hemofilia.

Namun biasanya Anda tidak perlu melakukan tes, karena biasanya keluarga dengan hemofilia sudah mengetahui bahwa keluarganya memiliki keturunan penyakit seperti ini. Untuk mengatasi pendarahan yang hebat, Anda mungkin akan dianjurkan makan makanan kaya protein, Ladies.