Cara Mudah Bangun Sahur

info kesehatan Puasa... puasa... mari kita puasa! Ladies, apakah Anda sudah siap lahir batin untuk melaksanakan kewajiban puasa sebulan penuh? Di awal minggu bulan puasa, biasanya kita akan sangat kesulitan untuk bangun sahur. Apalagi jika selama ini Anda sering bangun siang, jam biologis tubuh Anda pasti akan sangat sulit untuk diubah.

Agar bisa bangun sahur dan bisa menunaikan ibadah sahur tanpa terburu-buru, yuk ikuti tips-tips berikut ini.

    Tidur Lebih Awal

    Setiap orang punya kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Jika selama ini Anda butuh tidur 8 jam agar tubuh terasa segar, maka hitung mundur jam makan sahur dan tidurlah 8 jam sebelumnya.

    Bicara Pada Diri Sendiri


    Sebelum tidur, katakan kepada diri Anda sendiri bahwa Anda akan dan harus bangun pada pukul sekian. Niat ini akan sangat membantu Anda untuk bisa dengan mudah bangun pas jam makan sahur.

    Pasang Alarm dan Letakkan Jauh


    Jika satu jam beker belum mempan, siapkan jam beker cadangan. Letakkan jam beker tersebut agak jauh dari tempat tidur Anda. Dengan begini, Anda akan dipaksa untuk bangkit dari tempat tidur untuk mematikan jam beker Anda. Oh iya, Anda juga bisa memasang nada lagu favorit Anda sebagai nada dering alarm untuk menambah semangat Anda.

    Minta Bantuan Orang Rumah


    Beruntunglah Anda yang tinggal bersama keluarga. Anda bisa minta bantuan ibu, misalnya, untuk membangunkan Anda. Biasanya kita akan lebih mudah bangun saat badan kita langsung digoyang-goyang oleh orang rumah atau mungkin saat mendengar teriakan orang terdekat kita.

    Jangan Makan Makanan Berat Sebelum Tidur

    Tidur dalam keadaan terlalu kenyang hanya akan membuat Anda semakin sulit untuk bangun keesokan paginya. Lebih baik lakukan relaksasi badan terlebih dahulu sebelum berangkat tidur.

    Beri Hadiah untuk Diri Sendiri

    Cobalah untuk menyiapkan hadiah untuk diri Anda sendiri. Misalnya, jika Anda berhasil bangun sahur setiap hari selama sebulan, Anda akan menghadiahi diri sendiri dengan membeli baju yang selama ini sudah Anda incar.

    Langsung Bangun Ketika Mendengar Bunyi Alarm

    Pada awalnya akan sangat berat untuk membuka mata pada dini hari. Dan taktik untuk mengatasinya adalah dengan memaksakan diri. Saat Anda mendengar bunyi nada dering jam beker Anda, Anda sebaiknya langsung bangun dan bangkit dari tempat tidur.

Bangun untuk makan sahur akan menjadi ringan jika semuanya diniatkan untuk ibadah. Awalnya memang sulit, tapi lama-lama akan terasa semakin ringan karena biasa.