Game Membuat Otak Awet Muda

Info Kesehatan Kemampuan otak kita secara alami akan mengalami kemunduran sejak memasuki usia 30 tahun. Tapi bukan berarti kemunduran itu tidak dapat diminimalisasi. Beberapa penelitian mengungkapkan, manusia di usia berapa pun  dapat melatih kemampuan otak mereka menjadi lebih cepat, dan pada akhirnya menjadi lebih ‘muda’. Dengan alat yang tepat, kita dapat melatih otak agar berfungsi baik seperti halnya saat masih muda.

Beberapa peneliti telah mengembangkan berbagai macam permainan yang dapat melatih fungsi otak agar tetap terus bekerja. Misalnya,
sebuah perusahaan game ternama membuat permainan Brain Age: Train Your Brain in Minutes a Day, yang terjual lebih dari 2 juta kopi di Jepang. Walau sampai kini belum ada game computer yang mendapatkan lisensi dari FDA sebagai permainan yang melatih daya kognitif (penalaran), namun sejumlah hasil penelitian menunjukkan pemainan-permainan tersebut mampu memperlambat penuaan otak, bahkan membantu menghalau dementia.

Tapi untuk membuat otak awet muda dan tajam tidak harus melulu dengan berlatih game di komputer. Melakukan aktivitas baru yang menantang dan menyenangkan juga merupakan salah satu cara untuk melatih otak, seperti bermain ping-pong, menyusun puzzle, mengisi teka-teki silang (kalau tak tahu jawabannya, jangan dikosongkan, tapi berusahalah mencari jawabannya. Bisa dengan membuka kamus atau bertanya pada orang lain), mempelajari bahasa baru, menari, berlatih musik, merakit permainan kayu, hingga mempelajari metode matematika terbaru. Pokoknya, carilah kegiatan yang sesuai dengan minat Anda. Selain dapat membantu Anda untuk fokus dan menstimulasi pikiran, juga dapat membuat Anda fun.


0 Response to "Game Membuat Otak Awet Muda"

Posting Komentar