Jenis Penyakit kelamin Pada wanita

Kesehatan Wanita Ladies, alat kelamin merupakan salah satu organ vital yang dimiliki wanita dan pria. Sebagai satu-satunya media yang digunakan untuk behubungan intim, alat kelamin sangat rentan terhadap infeksi berbagai macam bakteri, virus, dan jamur. Apa saja jenis penyakit alat kelamin yang bisa menyerang wanita? Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Gonorrhea dan Chlamydiagonorrhea atau chlamydia merupakan jenis bakteri penyebab keputihan yang banyak dialami oleh sebagian besar wanita.Bakteri ini ditularkan melalui hubungan suami-istri dengan pasangan yang sebelumnya telah terinfeksi. Pada wanita gejala dari gonorrhea dirasakan sangat ringan atau tidak terasa sama sekali, namun jika tidak diobati akan menjadi semakin parah dan dapat menyebabkan kemandulan.

Herpes
Herpes adalah jenis penyakit kelamin wanita yang disebabkan oleh infeksi virus. Ada dua jenis virus yang dapat menyebabkan herpes, yakni Herpes Simplex Virus (HSV) 1 dan HSV 2. Gejala awal herpes timbul antara 3-10 hari setelah melakukan hubungan seksual dengan penderita yang sebelumnya telah terinfeksi virus herpes. Setelah itu, penyakit herpes ini akan menunjukkan gejala awal yang tampak seperti lecet yang kemudian terbuka menjadi lubang kecil dan berair.

Vaginitis
Vaginitis merupakan infeksi pada vagina yang menyebabkan keluarnya cairan keputihan dari vagina. Cairan keputihan ini berbau dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Vaginitis disebabkan oleh berbagai bakteri yang hinggap pada vagina seperti jenis bakteri gonorrhea dan chlamydia atau jamur serta bakteri lainnya yang sudah menetap pada vagina, bakteri-bakteri pada vagina dapat dilihat dengan mikroskop.

Gejala vaginitis dapat dilihat dari munculnya cairan keputihan yang keluar dari vagina. Pengobatan dari penyakit alat kelamin jenis ini dapat dilakukan dengan obat yang tepat dan sesuai penyebabnya.

Itulah tiga dari beberapa jenis penyakit kelamin alat kelamin yang bisa menyerang wanita dan gejalanya. Semoga terhindar dari ketiganya ya ladies! Amin.