Manfaat Buah Saat Berpuasa

Info Kesehatan Salah satu kunci tetap bugar selama berpuasa adalah asupan yang sehat saat sahur dan berbuka. Buah adalah salah satu komponen penting dalam asupan sehari-hari selama bulan Ramadan. "Selain kaya serat, buah juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu penyerapan nutrisi oleh tubuh guna mengganti zat-zat yang hilang selama berpuasa," ujar dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK dalam acara 'Puasa Sehat dan Nikmat Bersama Buavita Frutarian' Selasa (16/7) lalu di Masjid
Istiqlal Jakarta.

Buah juga menjaga stamina tubuh. Rata-rata buah mengandung dua hingga enam gram serat. Jumlah serat yang cukup tinggi ini bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh. Selain itu juga membantu proses pencernaan tetap bekerja dengan baik. Sebab, banyak kasus masalah konstipasi selama berpuasa. Pastikan buah yang Anda konsumsi mengandung vitamin C untuk menjaga kolagen dalam tubuh, seperti jambu biji. Atau mengandung vitamin B kompleks yang membantu pembentukan karbohidrat sebagai energi sehingga tubuh tetap bugar lebih lama, seperti apel dan anggur.

Saat berbuka, bukalah dengan jus buah tanpa gula atau buah kurma untuk mengganti gula yang hilang dalam tubuh. Jus buah membuat tubuh Anda lebih segar dan tidak menambah jumlah lemak jahat dalam tubuh dibandingkan teh atau kolak. Yang perlu diingat, hindari jus buah yang asam, seperti jeruk. Saat sahur, jangan lupa mengakhiri sahur Anda dengan buah segar atau jus buah tanpa gula.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, kombinasikan buah yang Anda konsumsi baik langsung dimakan atau dalam bentuk jus. Sebab tiap buah memiliki kandungan yang berbeda. Dengan mengkombinasikannya, Anda bisa mendapat manfaat lebih banyak. Bila memungkinkan, lebih baik Anda kombinasikan buah tropis atau lokal dengan buah non tropis. Misalnya, pisang dengan apel.