Memeriksa Payudara Sendiri


info kesehatan Memeriksa sendiri secara teratur keadaan payudara Anda (self breast examination) dapat secara efektif mengurangi risiko kehadiran kanker payudara tanpa disadari. Setiap wanita berusia di atas 20 tahun sangat dianjurkan untuk melakukannya
Berikut adalah lima langkah praktis untuk memeriksa sendiri payudara Anda:

Langkah 1:

Berdirilah di depan cermin dengan bahu tegak dan tangan lurus di samping pinggang. Lihat kedua payudara Anda:
  •     Apakah ukuran, bentuk dan warnanya seperti biasa?
  •     Apakah ada distorsi bentuk atau pembengkakan?
Periksakan diri ke dokter bila menemukan perubahan berikut pada payudara Anda
  •     Lekukan, kerutan atau tonjolan di kulit
  •     Puting susu berubah posisi atau masuk ke dalam
  •     Warna kemerahan, pucat, meradang atau membengkak
Langkah 2:
Angkat kedua tangan Anda dan lihat apakah ada perubahan yang sama.

Langkah 3:

Tekan dengan lembut putting susu Anda dengan jari dan ibu jari. Lihat apakah ada benda cair yang keluar.

Langkah 4:
Selanjutnya, sambil tidur berbaring, rasakan kedua payudara Anda dengan meraba payudara kanan dengan tangan kiri, dan payudara kiri dengan tangan kanan. Tekan secara mantap namun lembut dengan jari-jari yang rata dan saling merapat.

Lakukan perabaan dari atas ke bawah, sisi ke sisi dari dada bagian atas sampai ke perut bagian atas dan dari ketiak sampai lekukan tengah di antara kedua payudara.
Ikuti satu pola untuk memastikan seluruh bagian payudara Anda terperiksa. Anda bisa memulai dari puting susu, lalu melingkar melebar seperti obat nyamuk ke bagian luar payudara. Anda juga bisa mengambil pola seperti orang mengepel lantai, dari atas ke bawah atau kiri ke kanan dengan tarikan lurus-lurus. Mulai dengan rabaan lembut, lalu tekan lebih keras pada bagian yang perlu diperiksa jaringannya sampai ke dalam.

Langkah 5:
Terakhir, rasakan payudara Anda ketika duduk dan berdiri. Banyak wanita yang merasa lebih peka ketika payudara mereka basah dan licin. Anda bisa mencoba melakukannya sewaktu sedang mandi. Lakukan gerakan yang sama dengan langkah 4.