Minum Kopi Dapat Mengecilkan Payudara

info kesehatan Tim peneliti dari Universitas Lund, Swedia menemukan kaitan yang jelas antara banyaknya kopi yang diminum seorang wanita dengan ukuran payudaranya. Ajaibnya, meminum kopi tiga cangkir atau lebih sehari dapat membuat payudara wanita mengecil!

Dari penelitian atas 300 wanita yang ditanyai berapa cangkir kopi yang mereka minum sehari dan diukur payudaranya tim peneliti menyimpulkan bahwa meminum tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari dapat mengecilkan payudara. Efeknya juga meningkat pada setiap tambahan cangkir.

Meminum kopi dapat berdampak besar pada ukuran payudara, kata Helena Jernstroem, dosen onkologi eksperimental Universitas Lund yang memimpin riset itu. Wanita yang meminum lebih dari tiga cangkir kopi sehari memiliki payudara rata-rata 17% lebih kecil dari mereka yang minum kurang dari tiga cangkir sehari.

Wanita peminum kopi tidak perlu khawatir payudara mereka akan menghilang tiba-tiba. Payudara mereka akan mengecil, tetapi tidak akan menghilang, lanjutnya.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer itu, sekitar separuh wanita yang diteliti memiliki sebuah gen yang mengaitkan ukuran payudara dan konsumsi kopi.

Penelitian itu mengkaji lebih lanjut keterkaitan kopi dengan payudara. Mereka sebelumnya mengetahui bahwa wanita berpayudara besar lebih berisiko terkena kanker payudara, tetapi mereka yang meminum kopi dapat menurunkan risiko itu. Beberapa zat yang terkandung dalam kopi dapat mengubah metabolisme wanita sehingga memiliki konfigurasi hormon-hormon estrogen yang memperkecil risiko kanker.

Menariknya, dampak kopi terhadap estrogen berlawanan dengan dampaknya terhadap testosteron (hormon seks laki-laki). Sementara kopi dapat mengecilkan ukuran payudara wanita, pria pecandu kopi justru dapat menjadi korban gejala yang disebut gynecomastia alias payudara membesar. Nah, lho!