Olah Raga Lari

Info Kesehatan Olahraga lari adalah salah satu olahraga sederhana, bisa dilakukan siapa saja dan di mana saja, serta terbukti memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan. Antara lain dapat meningkatkan kepadatan massa tulang, sistem kekebalan tubuh, mencegah obesitas dan penyakit kardiovaskular. Hasil riset menunjukkan bahwa lari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Selain itu, jika Anda rajin berlatih lari, Anda juga awet muda karena hormon pertumbuhan (hGh) terus diproduksi selama Anda berlatih. Hasil penelitian dari Copenhagen City Heart tahun 2012, seperti dilansir dari situs livestrong.com, mengatakan lari juga membuat orang panjang umur.

Kalau Anda tertarik ingin mulai berlatih lari, perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Pastikan Anda melakukannya dengan teknik berlari yang benar. Lakukan pemanasan sebelum berlari untuk melemaskan otot seluruh tubuh dan meningkatkan energi untuk berlari. Setelah selesai berlari, lakukan pendinginan untuk menurunkan suhu tubuh dan membuang sisa pembakaran otot.

2. Gunakan sepatu khusus untuk lari yang sesuai dengan tipe telapak kaki Anda agar menghindari terjadinya cedera.

3. Lakukan semampu Anda, tak perlu memikirkan kecepatannya, karena tidak ada hubungannya dengan hasil.

4. Minumlah cukup air putih sebelum, selama, dan sesudah Anda berlari. Jika cuaca panas, berlarilah pada pagi hari atau sore hari agar terhindar dari panas matahari.
5. Ajaklah beberapa teman untuk memotivasi Anda berlatih. Sekarang ini ada beberapa komunitas lari yang bisa Anda ikuti seperti IndoRunners; bahkan beberapa perusahaan memiliki kelompok lari bagi karyawannya.


0 Response to "Olah Raga Lari"

Posting Komentar