Kesehatan : Jalan Kaki Membakar Lebih Banyak Kalori

Kesehatan : Jalan Kaki Membakar Lebih Banyak Kalori
Kesehatan - Tak perlu alat khusus apalagi peralatan mahal, jalan kaki dapat menjadi olahraga yang paling murah dan menyenangkan. Seperti yang dilansir oleh today.com, menurut Irv Rubenstein (fisiologis olahraga dan pendiri Scientific Training and Exercise Prescription Specialists di Nashville, TN), jalan kaki bisa membantu kita untuk mengontrol gula darah, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menghambat pengapuran tulang, dan meningkatkan kesehatan mental.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di International Journal of Epidomiology, jalan kaki 30 menit sehari selama lima hari seminggu dapat membuat Anda hidup lebih lama. Hanya saja, untuk bisa terus bersemangat dan konsisten melakukan olahraga jalan kaki, kita perlu menemukan tantangan-tantangan dan target kita sendiri. 

Jalan Kaki dengan Interval Cepat-Lambat
Lakukan jalan kaki dengan interval cepat dan lambat secara bergantian. Melakukan olahraga jalan kaki dengan interval seperti ini akan membantu Anda untuk membakar lebih banyak kalori daripada jalan kaki dengan interval yang sama setiap saat. Sebagai contoh, Anda bisa melakukan jalan cepat selama 30-60 detik lalu melakukan jalan lambat di 60 detik berikutnya secara berulang. Gunakan alat monitor jantung untuk memantau olahraga jalan kaki Anda.

Penting juga untuk menggunakan interval yang berbeda setiap kali Anda melakukan olahraga jalan kaki. Misalnya, dua hari pertama dengan interval jalan kaki yang lebih lama sementara dua hari kedua dengan interval jalan kaki yang lebih singkat.

Percepat Jalan Anda dan Bawa Beban      
Jumlah kalori yang dibakar akan lebih banyak jika Anda mempercepat laju jalan kaki Anda. Selain itu, bawalah beban saat jalan kaki, tapi ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda tentang adanya kemungkinan cedera saat Anda membawa beban tertentu saat jalan kaki cepat.

Mendaki Bukit
Jika Anda sering mengalami kesulitan untuk mempercepat laju jalan kaki Anda, cobalah untuk mendaki bukit. Menambahkan tingkat kesulitan atau tantangan saat jalan kaki akan menambah jumlah kalori yang dibakar.

Agar semakin bersemangat, carilah rekan atau teman yang bisa menemani Anda untuk melakukan olahraga jalan kaki. Cobalah, misalnya, untuk membuat tantangan atau hadiah bagi siapa yang paling bisa jalan kaki dengan jarak terjauh bersama dengan rekan Anda. Hal-hal semacam ini akan membuat Anda termotivasi untuk selalu olahraga jalan kaki dengan konsisten dan semangat. 

Agar manfaat olahraga jalan kaki bisa Anda dapatkan sepenuhnya, perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi dan gaya hidup Anda. Konsumsilah makanan yang seimbang dan hiduplah dengan gaya hidup sehat, maka Anda memiliki kemungkinan besar untuk hidup lebih lama.