Kesehatan : Penyebab Tubuh Selalu Merasa Lelah

Penyebab Tubuh Selalu Merasa Lelah
Info Kesehatan Ladies, seringkali Anda merasa masih mengantuk dan tidak bersemangat saat berangkat kerja di pagi hari. Atau mungkin Anda merasa lemas, dan lelah hingga sangat malas untuk berangkat kerja. Hal ini bisa memiliki banyak penyebab.
 
ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda sering merasa lelah dan tidak bersemangat, antara lain adalah

1. Tidak minum cukup air
Kesehatan, Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah dehidrasi. Jika dehidrasi, maka tubuh akan mengambil cadangan air dari darah dan menjadikan darah lebih kental sehingga lambat dalam mengangkut oksigen ke otak, yang menyebabkan otak kelelahan. Jika darah yang dipompa jantung lebih encer, maka oksigen dan nutrisi juga lebih banyak diangkut ke otak sehingga otak bisa menjadi lebih segar.

2. Kurang Konsumsi zat besi
Kekurangan zat besi bisa membuat Anda merasa lesu, mudah marah, lemah, dan tidak fokus, selain itu juga bisa menyebabkan anemia. Jika sel darah merah kurang mendapat zat besi, maka sel darah merah juga lemah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh terutama ke otak yang sangat membutuhkan oksigen. Anda bisa mengatasi dengan banyak makan kacang merah, tahu, telur dan sayuran hijau.

3. Melewatkan sarapan
Makanan yang Anda makan merupakan bahan bakar utama yang akan digunakan tubuh. Ketika Anda tidur, tubuh Anda terus menggunakan apa yang Anda dikonsumsi saat makan malam untuk menjaga aliran darah dan oksigen tersalur ke otak sehingga terkuras habis saat pagi hari.

Oleh karena itu, Anda butuh asupan energi lagi saat pagi hari yang akan dipenuhi saat sarapan. Namun jika Anda melewatkan sarapan, maka tidak usah heran jika Anda merasa terus kelelahan sepanjang hari. Jika Anda sudah terbiasa tidak sarapan, paling tidak Anda bisa minum segelas susu atau teh manis untuk mengganti energi yang terbuang.

4. Minum minuman berkafein tinggi
Tinggalkan junk food, dan tinggalkan kopi, Ladies. Meskipun Anda sangat sibuk, namun menjaga kesehatan tubuh adalah yang utama. Bukan berarti kopi yang mengandung kafein tidak baik untuk tubuh, namun sebaiknya tidak berlebihan hingga menjadikan tubuh kesulitan tidur. Hal itu sangat bisa menjadikan tubuh kelelahan esok paginya.

Jadi, bukan hanya begadang tiap malam dan banyak aktivitas saja yang bisa menyebabkan Anda kelelahan dan malas ke kantor, ada hal-hal lain yang juga bisa mempengaruhi mengapa Anda selalu merasa lelah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai dengan gaya hidup lebih sehat, Ladies.