Kesehatan : Rokok Bisa Merusak Mata

Kesehatan : Rokok Bisa Merusak Mata
Kesehatan - Sudah umum diketahui bahwa rokok memiliki kandungan racun yang berbahaya untuk tubuh. Asap rokok bahkan mengandung sebanyak 4.000 senyawa aktif, termasuk tar, hidrokarbon aromatik polisiklik, formaldehida, karbon monoksida, dan logam berat.

Kebanyakan, rokok selalu dihubungkan dengan penyakit paru-paru dan jantung, namun bukan itu saja Ladies, berdasarkan kutipan www.everydayhealth.com, kandungan di dalam rokok juga dapat menjadi penyebab utama kerusakan mata seperti kehilangan penglihatan, katarak dan degenerasi makula.

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa perokok aktif memiliki dua kali lipat risiko terkena katarak dibandingkan dengan yang tidak merokok. Risiko bahkan bertambah untuk perokok berat. Katarak merupakan penyakit mata di mana lensa mata menjadi kabur dari waktu ke waktu dan menyebabkan pandangan kabur, warna pudar, dan peka terhadap cahaya yang terang atau silau.

Dokter percaya bahwa merokok memberikan kontribusi terhadap katarak dengan merusak sel-sel lensa melalui proses oksidasi yang kemudian berakumulasi menumpuk pada lensa. Jika terus dibiarkan, Anda bisa kehilangan penglihatan.

Merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena degenerasi makula. Studi telah menemukan bahwa perokok menghadapi risiko mengembangkan degenerasi makula jauh lebih besar hingga 2-4 kali lebih besar dari orang-orang yang tidak pernah merokok.

Meskipun Anda tidak merokok, namun jika Anda sering terpapar rokok, maka peluang kerusakan mata masih terbuka lebar. Dokter juga percaya bahwa merokok meningkatkan degenerasi makula dengan mengganggu aliran darah ke retina dan melalui proses oksidasi.

Untuk menghindari degenerasi makula ini, tentu kebiasaan merokok harus dihentikan dan menggantinya dengan banyak makan makanan yang mengandung antioksidan, Ladies.