Sayuran yang Bagus untuk Menu Sahur dan Buka Puasa


info kesehatan Memperhatikan sayuran atau buah-buahan yang Anda konsumsi selama sahur dan buka puasa akan membantu Anda untuk menjalani ibadah puasa dengan lebih optimal. Buah-buahan dan sayuran segar memang sangat baik untuk tubuh. Dengan kandungan airnya yang mencapai 70-80 persen, sayuran dan buah bisa meningkatkan energi sekaligus mendinginkan suhu tubuh yang tinggi akibat udara panas.

Dilansir dari theecomuslim.com, Anda perlu setidaknya memasukkan menu buah dan sayuran ke dalam menu harian Anda 2-3 kali per minggunya. Dalam satu porsi, Anda perlu buah dan sayuran sebanyak 1 atau setengah mangkuk. Berikut ini ada 10 jenis sayuran yang kaya serat dan bisa membuat tubuh Anda terasa lebih berenergi saat menjalani ibadah puasa.

    Mentimun


    Mentimun ini kaya akan vitamin C dan B, kalsium, dan asam kafeat yang bisa menghaluskan kulit. Kandungan airnya paling banyak terdapat di bagian kulitnya.

    Kubis

    Satu cangkir kubis mentah bisa mencukupi kebutuhan vitamin K Anda. Kubis merah memiliki kandungan anti radang. Kubis ungu atau merah memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada kubis hijau.

    Tomat


    Likopena yang terkandung di dalam tomat sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena stroke dan kanker. Tomat juga bisa mencegah konstipasi dan membuat fungsi hati tetap optimal. Mengonsumsi tomat bisa membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

    Wortel

    Tak banyak orang yang percaya bahwa wortel ini sebenarnya mengandung banyak air. Wortel adalah sayuran yang memiliki warna jingga, kuning, dan hijau jadi satu yang kesemuanya adalah sumber beta karotin.

    Daun Selada

    Daun selada kaya akan serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Karena daunnya mengandung banyak air, Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan mengonsumsi sayuran ini.

    Brokoli

    Tahukah Anda bahwa brokoli ini mengandung zat anti kanker? Brokoli juga memiliki kemampuan untuk mengurangi alergi dan bisa memenuhi kebutuhan vitamin D Anda.

    Paprika Merah

    Sayuran ini mengandung banyak zat gizi seperti likopena, asam folat, vitamin C, vitamin B6, dan tiamina. Satu buah paprika bisa membantu menjaga organ-organ tubuh Anda dan sangat penting untuk perkembangan sel dan kesehatan mata.

    Timun Jepang

    Timun Jepang adalah sayuran yang mengandung banyak air sekaligus mengandung kalium dan asam folat yang bisa memperbaiki DNA. Mengonsumsi timun Jepang juga bisa membantu fungsi-fungsi syaraf tubuh Anda berjalan dengan baik.

    Seledri

    Seledri dikenal sebagai sayuran yang kaya akan eletrolit. Dua atau tiga batang sayuran seledri mengandung banyak garam mineral, vitamin, dan asam amino. Seledri juga merupakan sayuran yang cocok untuk dikonsumsi setelah olahraga berat dan meremajakan kulit serta tubuh.

    Lobak

    Sayuran ini mengandung banyak sekali air dan sumber vitamin C yang sangat baik. Selain itu, sayuran lobak juga memiliki kandungan anti oksidan dan anti radang. Dan ternyata lobak juga kaya akan kalium yang bisa membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal.
Konsumsi buah dan sayur yang tepat akan sangat membantu Anda untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik. Tapi tentu saja niatkan puasa Anda sebagai ibadah dan lakukan dengan penuh kesungguhan.

0 Response to "Sayuran yang Bagus untuk Menu Sahur dan Buka Puasa"

Posting Komentar