Kesehatan : Diet Resistensi Insulin


Kesehatan : Diet Resistensi Insulin
Kesehatan - Ladies, diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang paling sering dan banyak muncul dibanding diabetes tipe 1. Penderita diabetes tipe 2 memiliki resistensi insulin sehingga tubuh mengalami kegagalan memproduksi insulin dalam jumlah cukup dan insulin tidak dapat mengatur metabolisme karbohidrat dan lemak dalam tubuh secara efisien.

Resistensi insulin pada akhirnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Gejala resistensi insulin bisa berupa kelelahan yang berlebihan, ketidakmampuan menurunkan berat badan, kelaparan yang tidak wajar, dan tekanan darah tinggi. Namun Anda bisa memperlambat perkembangan diabetes dengan diet resistensi insulin.

Diet ini tidak semudah diet menurunkan berat badan, karena banyak sekali makanan yang harus dihindari untuk bisa mencegah diabetes. Berdasarkan kutipan www.stylecraze.com, beberapa makanan yang harus dihindari untuk mengatasi resistensi insulin adalah

1. Roti gandum dan berserat tinggi.
Semakin tinggi serat dalam roti, semakin rendah kadar glikemik dalam darah Anda, karena semakin sedikit kadar gula dalam roti. 

2. Makan sedikit nasi. Jika Anda makan nasi, sebaiknya kurangi porsi makan nasi putih, atau diganti saja dengan nasi merah. Anda juga perlu mengurangi konsumsi pasta, mi dan berbagai macam olahan atau tepung terigu, termasuk kue. Jika Anda makan nasi, pastikan untuk mengimbanginya dengan makan banyak sayur.

3. Porsi yang tepat untuk karbohidrat dan protein. Anda harus mengurangi konsumsi karbohidrat sekaligus juga protein. Anda sekaligus harus diet karbohidrat dna protein. Inilah alasan mengapa diet resistensi insulin lebih sulit dari diet biasa seperti menurunkan berat badan.

4. Hindari makanan makanan manis. Anda sebaiknya tidak makan es krim, permen, gula-gula, sirup, minuman kaleng dan sebagainya. Anda juga harus hati-hati mengonsumsi madu, karena banyak madu yang sekarang dicampur dengan gula.

Makanan lain seperti gorengan, berlemak dan bersantan tentu juga harus dihindari. Anda bisa minum minuman herbal seperti teh hijau untuk mendukung kesehatan tubuh dan resistensi insulin. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen seperti kapsul minyak ikan untuk membantu sel-sel tubuh merespon hormon pencernaan lebih efektif, Ladies.

Artikel Kesehatan Menarik Lainnya