Kesehatan : Mencegah Gangguan Manik Disorder

Kesehatan : Mencegah Gangguan Manik Disorder
Kesehatan - Ladies, banyak sekali penyakit gangguan psikologis yang akhir-akhir ini sering muncul. Sebenarnya depresi dan gangguan psikologis lainnya bukanlah hal yang baru di dunia medis. Apalagi efek sampingnya yang seringkali parah dan mengancam nyawa penderitanya.

Orang dengan gangguan psikologis memang tidak kelihatan sakit secara fisik, namun mereka memiliki gangguan secara pikiran, perilaku dan sikap yang bisa dilihat, seperti contohnya manic disorder atau gangguan manik. Gangguan manik ini adalah salah satu gejala gangguan bipolar, yaitu gangguan ketika Anda sedang sangat bahagia.

Gejala umum yang bisa menandakan gangguan manik termasuk perubahan pola tidur seperti misalnya suka begadang. Gejala lain adalah meningkatkan kecepatan berpikir dan munculnya banyak ide-ide, merasa lebih bersemangat dan berenergi atau mudah tersinggung dan pemarah dari biasanya.

Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, ganggaun mental ini bisa dicegah dengan beberapa cara, antara lain adalah

1. Membiasakan membuat diary

Salah satu pencegahan yang alami dan tidak membutuhkan obat adalah dengan cara menulis diary. Jika Anda ingin menceritakan sesuatu namun tidak punya sahabat atau teman yang bisa dipercaya atau yang selalu menemani Anda, maka buku bisa jadi sahabat setia Anda.

Tulis dan tuangkan semua perasaan Anda untuk mengeluarkan semua emosi yang ada di dalam diri. Jangan menahannya atau memendamnya sendiri karena hal inilah yang menjadi penyebab utama mengapa Anda mengalami depresi.

2. Tidur teratur dan cukup

Jika Anda mulai mengalami insomnia, dan bahkan tidak membutuhkan tidur, atau mungkin merasa kelebihan energi dan merasa bahagia yang tanpa sebab, maka Anda harus berhati-hati. Anda bisa mencegah manic disorder dengan tidur yang cukup, melepas semua penat dan tidak memikirkan pekerjaan atau masalah saat pergi tidur.

3. Hindari gaya hidup tidak sehat
Jangan pernah membiasakan diri keluar malam dan menghabiskan waktu tidak penting dengan minum alkohol dan merokok. Kedua kebiasaan ini sudah diketahui umum menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, tidak terkecuali masalah kesehatan mental.

Jadi, meskipun Anda mengalami masalah berat, jangan pernah menyentuh alkohol dan hentikan kebiasaan merokok. Lebih baik jika Anda menghabiskan waktu rehat sebentar dengan traveling atau pergi berlibur, lebih sehat secara fisik dan mental.

4. Pergi ke dokter
Hal ini antara perlu dan tidak perlu. Anda bisa memeriksakan diri jika merasa ada yang aneh dengan Anda. Misalnya merasa sangat bahagia, namun merasa sedih satu jam kemudian dan hal ini terjadi tanpa alasan. Memeriksakan diri adalah hal yang baik, bukan berarti Anda sakit, namun hanya memastikan diri saja bahwa Anda masih sehat secara fisik dan mental.

Jadi, jika Anda khawatir akan depresi, memiliki banyak teman yang bisa dipercaya, menerima Anda apa adanya, dan bisa berbagi segala hal akan lebih baik untuk menghindari masalah gangguan psikologis ini Ladies.