Kesehatan : Meredakan Nyeri Punggung Dengan Peregangan

Kesehatan : Meredakan Nyeri Punggung Dengan Peregangan
Kesehatan - Salah satu nyeri yang sering mengganggu aktivitas adalah nyeri punggung. Jika Anda sering mengangkat benda-benda berat, biasanya sakit punggung bisa timbul dan Anda bisa sangat kesakitan dan tidak bisa melakukan aktivitas selama beberapa saat.

Nah, untuk mengatasi dan mencegah sakit punggung kembali menyerang, ada beberapa cara latihan peregangan dari www.stylecraze.com yang bisa dicoba, antara lain adalah

1.  Gerakan kucing yoga
Pose ini bukan hanya membantu memperkuat tulang belakang tetapi juga otot daerah perut. Jika Anda rutin melakukan latihan ini, maka sekaligus akan membantu mengencangkan daerah otot perut.

Caranya, Anda bisa mulai dengan berlutut di lantai dengan kedua tangan juga di lantai, seperti ketika Anda main kuda-kudaan dengan buah hati. Kemudian tarik punggung ke atas dengan kedua tangan lurus mengikuti punggung ke atas. Tahan posisi hingga 5 detik kemudian kembali ke posisi semula. Begitu seterusnya hingga 10 kali, dan istirahatkan saat lelah.

2. Peregangan cobra
Peregangan cobra ini tidak cocok jika Anda sedang mengalami sakit punggung. Namun gerakan ini sangat baik mencegah sakit punggung. Gerakan ini juga sangat baik meningkatkan fleksibilitas tubuh. Caranya, Anda cukup tengkurap dengan kaki lurus dan kedua tangan berada di samping bahu.

Kemudian tarik tubuh Anda bagian atas hingga lengan lurus menopang tubuh, dan kedua kaki tetap lurus dan berada di lantai. Tahan posisi beberapa detik dan lakukan lagi hingga beberapa kali.

3. Peregangan hamstring
Peregangan ini cukup simpel dan mudah dilakukan. Dengan melakukan latihan ini, Anda juga bisa menambah elastisitas tubuh. Caranya, Anda duduk dengan kedua kaki terbuka. Kemudian tekuk satu lutut ke tubuh dan biarkan satu lagi lurus.

Kemudian raih ujung jari kaki dengan tangan dan tahan posisi ini hingga beberapa detik dan lakukan dengan kaki satunya.

4. Peregangan Piriformis
Peregangan otot piriformis adalah otot yang ditemukan di tubuh bagian bawah. Hal ini sering menjadi alasan di balik linu panggul yang akut, atau sakit kaki. Peregangan ini dirancang untuk membantu memperpanjang otot piriformis. Caranya, duduk dengan kedua kaki lurus dan kemudian angkat menyilang salah satu kaki ke bagian luar kaki lain.

Gerakan ini diikuti dengan tubuh yang juga diputar menyamping mengikuti kaki yang menyilang. Tahan posisi beberapa detik dan ulangi dengan posisi satunya.

Gerakan-gerakan tersebut juga sangat mirip dengan gerakan yoga dan pilates, terutama untuk meningkatkan elastisitas dan fleksibilitas tubuh. Lakukan secara berkala dan rutin untuk melatih otot punggung agar terhindar nyeri punggung ya Ladies.


artikel Kesehatan Menarik Lainnya