Kesehatan : Cara Mudah Menjaga Tubuh Dari Dehidrasi

Kesehatan : Cara Mudah Menjaga Tubuh Dari Dehidrasi
Kesehatan -  Air merupakan komponen penting dalam tubuh kita. Tidak heran kalau tubuh kita tidak akan pernah mampu hidup tanpa air. Bahkan sebagian besar tubuh kita merupakan air dan ketika kita melakukan puasa, kita tetap akan  membutuhkan air minum untuk bertahan hidup.

oleh sebab itu, mengapa sangat penting untuk menjaga tubuh kita agar tetap tidak dehidrasi saat kekurangan air dalam tubuh. Berdasarkan kutipan dari www.everydayhealth.com, ada cara mudah menjaga tubuh dari dehidrasi,sebagai berikut

    Siapkan segelas air di dekat tempat tidur

Sebelum kita tidur atau saat bangun di pagi hari, akan lebih baik minum air putih dahulu paling tidak minum  1 gelas saja. karena pada saat kita tidur, tubuh kita akan mengalami penurunan jumlah air dalam tubuh melalui proses bernafas dan mengatur suhu tubuh.

    Pada pagi hari kita pasti merasakan bau mulut karena mulut dan tenggorokan kering. Itu tandanya kita butuh untuk mengisi ulang air tubuh kita setelah air digunakan sepanjang malam di dalam tubuh.

    Menghitung berapa gelas yang sudah kita minum

    Jika kita tidak tahu seberapa banyak air yang sudah kita minum, maka cobalah menghitung berapa gelas air yang sudah kita habiskan selama sehari, mulai pagi hingga malam. Jika lebih dari 8 gelas, maka akan lebih baik. Jika merasa masih kurang, maka minum lebih banyak.

    Pahami tubuh kita yang memberi sinyal haus
    Jika kita merasa ingin makan lagi padahal kita sudah makan banyak, maka itu artinya kita mengahalami haus. Jika Anda ingin mengurangi asupan makanan karena diet, akan lebih baik juga jika diawali dengan minum segelas air sebelum benar-benar makan sesuatu.
    
Makan makanan kaya air
    Jika minum air putih saja membosankan, maka tidak ada salahnya mengganti dan memperbanyak sayur dan buah yang juicy seperti semangka, pir, melon, jeruk dan segala macam buah kaya air. kita juga bisa membuat infused water dengan cara menambahkan madu dengan potongan buah ke dalam teko air minum agar lebih segar.

Ingat pula, bahwa semakin usia bertambah, kita juga butuh banyak air untuk tetap segar dan menjaga kinerja organ tubuh. Mari ikuti tips Cara Mudah Menjaga Tubuh Dari Dehidrasitadi agar tetap bisa menjaga kestabilan tubuh.