Kesehatan : Fakta Kentut Sehari 14 kali

Kesehatan : Fakta Kentut Sehari 14 kali
Kesehatan - Buang angin atau sering juga disebut kentut adalah suatu hal yang alami. Walaupun kentut sering dianggap memalukan, semua orang pasti akan mengalami setiap hari, apapun jabatannya. Buang angin biasanya tidak bau, agak bau, sampai baunya mengganggu.

Dari begitu banyak guyonan tentang kentut, bersyukurlah jika Anda bisa melakukannya setiap hari, terutama di pagi hari karena menjadi sebuah tanda bahwa keadaan tubuh Anda sehat. Dilansir oleh gurl.com, inilah beberapa fakta kentut yang jarang diketahui orang.

Kentut Bau Turunkan Risiko Kanker
Kentut bau itu wajar, terutama jika Anda baru makan sesuatu yang baunya menusuk atau daging-dagingan. Namun jangan juga malu jika kentut Anda bau. Karena bau itu adalah tanda tubuh Anda sehat dan mengeluarkan gas hidrogen sulfida yang tidak diperlukan tubuh. Ilmuwan menemukan bahwa kentut yang bau bisa menurunkan risiko kanker, stroke, hingga serangan jantung.

Menahan Kentut Tidak Berbahaya
Kadang malu jika kentut berbunyi atau bau di tempat umum, maka banyak yang memilih menahan kentut dengan sekuat tenaga. Penelitian terbaru menunjukkan tidak ada bahaya menahan kentut, walaupun memang rasanya sangat menyiksa bahkan menyebabkan kram perut. Namun tahanlah sebentar saja atau carilah toilet sesegera mungkin, karena kentut memang lebih bik cepat dilepaskan.

Cara Mencegah Kentut Berlebih
Kentut di rumah saat pagi atau malam santai saja, tapi kalau siang dan banyak aktivitas dengan orang lain kan malu. Ada beberapa cara untuk membuat kentut tidak berlebih, yaitu katupkan mulut saat mengunyah makanan, kunyah pelan-pelan hingga makanan sangat halus baru ditelan, pilih makanan yang tidak berpotensi menimbulkan gas (misalnya ubi, singkong, kacang-kacangan, kubis, dll).

Rata-Rata Orang Kentut 14 Kali Sehari
Rata-rata manusia akan kentut sekitar 14 kali dalam sehari, bahkan saat Anda tidak sadar melakukannya, tidak mencium aromanya bahkan tidak ada suaranya. Laki-laki dan perempuan kentut dalam jumlah yang sama. Namun orang-orang sering kentut dengan sadar ketika malam hari atau saat bangun tidur.

Makanan Yang Bikin Ketut Bau 
Beberapa makanan berpotensi membuat kentut sangat bau, beberapa di antaranya adalah minuman bersoda dan minuman manis, kacang-kacangan, telur, brokoli, keju dan daging merah. Umbi-umbian seperti kentang, ubi atau singkong tidak membuat kentut lebih berbau, hanya saja gas yang dihasilkan jadi lebih banyak.

 Hanya 1 Persen Kentut Yang Bau
Selama ini kentut dianggap jorok karena baunya itu lho.. Bahkan sering menuduh orang lain kalau kentut yang dihasilkan bau. Padahal, hanya 1 persen saja kentut yang berbau. Sisanya adalah kentut yang tanpa aroma dan hanya terdiri dari gas. Kalaupun bau, tidak sebau yang 1 persen itu.

Udara Dari Kentut Bisa Menghasilkan Api
Ini seperti bercandaan tetapi faktanya memang begitu. Gas metana dan hidrogen yang keluar dari kentut adalah gas yang mudah terbakar. Gas tersebut dihasilkan oleh bakteri yang ada di sistem pencernaan. Maka hati-hati jika kentut, pastikan tidak ada api di sekitar Anda.

Pria Lebih Sering Kentut di Pagi Hari
Walaupun pria dan wanita kentut dalam jumlah yang sama, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pria lebih sering kentut di pagi hari. Maka jangan kaget jika melihat pria terbangun dan kentut bersamaan.

Itulah beberapa fakta tentang kentut. Jika hari ini Anda masih bisa kentut, bersyukurlah, tandanya Anda sehat.