11 Persiapan Sebelum Olah Raga Jalan kaki

Info Kesehatan Untuk mendapatkan manfaat jalan kaki yang maksimal, lakukan persiapan yang baik dan ikuti tip-tip berikut ini:

1. Tetap lakukan tahapan-tahapan seperti olahraga pada umumnya, yaitu dengan melakukan pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Lakukan peregangan sebelum memulai agar kaki terhidar dari kram.

2. Gunakan pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman dan menyerap udara.


3. Jangan lengah, perhatikan kondisi lingkungan sekitar, pastikan berjalan di tempat yang aman, dan hindari jalanan licin.

4. Jika berjalan kaki di ruang terbuka, pastikan tubuh tidak mengalami dehidrasi. Minumlah setiap 15 menit.

5. Manfaatkan sinar matahari untuk mendapatkan manfaat vitamin D saat berjalan kaki di alam terbuka. Tetapi hindari heat stroke akibat paparan terik matahari dengan memilih waktu jalan kaki di saat sinar matahari aman untuk kulit, yaitu pada pukul 7 - 9 pagi atau pukul 3 - 5 sore. 

6. Berjalan dengan tubuh tegak. Tegakkan dan luruskan tulang belakang, jaga posisi kepala dan jarak pandang Anda agar tetap mengarah ke depan. Ambil langkah yang nyaman. Ayunkan kaki dengan santai lalu tapakkan kaki dengan tumit terlebih dahulu, diikuti seluruh terlapak kaki menapak sempurna. Gunakan ujung jari kaki untuk mendorong langkah.

7. Gerakkan tangan dengan santai. Awali dengan kaki kanan dan tangan kiri mengayun ke depan, lalu kaki kiri dan tangan kanan. Tekuk siku membentuk sudut 90 derajat. Ayunkan tangan setinggi dada dan tangan lainnya mengayun ke belakang.

8. Posisi jari tangan mengepal santai (tidak kuat) seperti menggenggam telur. Hal ini untuk menghidari kekakuan pada telapak tangan.

9. Bernapaslah seperti biasa.

10. Jika ingin meningkatkan intensitas olah raga Anda, lakukan kegiatan ini di area yang menanjak.

11. Sebelum menjadikan jalan kaki sebagai olahraga rutin Anda, ada baiknya berkonsultasi dulu ke dokter agar mendapatkan tip, trik, dan porsi jalan kaki yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.