3 Buah Penurun Kadar kolestrol

Info Kesehatan Berbagai penelitian menunjukkan bahwa diet seimbang disertai dengan gaya hidup yang aktif serta asupan buah dan sayuran yang tinggi akan mampu menurunkan kolesterol; menurunkan obesitas, dan tekanan darah. Di antara begitu banyak makanan yang terkait dengan kesehatan, mari kita berkenalan dengan tiga buah yang kaya manfaat.


Stroberi
Selain mengandung antioksidan vitamin C (antioksidan dan beberapa flavanoid) yang cukup tinggi, stroberi termasuk buah yang kaya akan serat larut yang menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Mengonsumsi stroberi secara rutin dapat lebih menurunkan tekanan darah karena mengandung potassium dan magnesium.

Blueberry
Buah berwarna ungu gelap kebiru-biruan ini dikenal mempunyai kandungan antioksidan tertinggi diantara semua buah-buahan segar. Antioksidan bluberry antara lain, antosianin, vitamin C, vitamin E (tocoferol), dan vitamin A. Kandungan tersebut yang membantu melawan kolesterol jahat. Blueberry juga kaya akan vitamin K, yang baik untuk kesehatan tulang dan unsur mangan (Mn) yang bersama vitamin C bisa membantu menangkal radikal bebas.

Anggur
Anggur berwarna gelap mengandung banyak antioksidan, seperti karotenoida. Perlu dicatat, bagian buah anggur yang paling kaya antioksidan adalah bagian kulit dan bijinya. Mengonsumsinya secara teratur akan sangat bermanfaat untuk mengikat radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol baik, HDL.