Wine Bisa Sehatkan Jantung

Info kesehatan Penelitian dari Australia Wine Research menyebutkan bahwa mengonsumsi wine secara teratur dalam jumlah moderat dan sesuai batas toleransi tubuh dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler hingga 50 persen. Senyawa fenolat yang ada dalam wine merupakan antioksidan kuat dan banyak terdapat dalam biji dan kulit anggur.


Menurut Dr. Serge Renaurd, Direktur French National Institute Health and Medical Research juga menjelaskan bahwa mengonsumsi wine secara moderat mampu membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Selain itu, mampu membantu mengurangi dan mencegah penyumbatan darah di jantung.

Yohan Handoyo, ahli wine Indonesia,  dalam bukunya 'Rahasia Wine' menyebutkan jumlah moderat untuk konsumsi wine yang paling konservatif adalah 1 gelas per hari. Jumlah tersebut berdasarkan asumsi satu gelas = 113, 4 gram.

Untuk kesehatan jantung, anggur merah (red wine) lebih unggul dibanding anggur putih (white wine). Sebab proses pembuatan anggur merah banayak menggunakan kulit anggur yang kaya senyawa folat. Itu juga sebabnya, citarasa anggur merah lebih sepat dibanding anggur putih yang lebih manis.

Ada referensi yang menganjurkan kita minum wine beberapa gelas setiap hari. Tapi sebaiknya, tetap konsultasikan pada dokter sebelum meminum wine secara reguler. Karena jumlah yang 'tepat' bagi setiap orang berbeda tergantung dari beberapa faktor; seperti usia, berat badan, pola diet, kondisi kesehatan, dan sebagainya. Jika Anda termasuk alergi terhadap alkohol tidak disarankan mengonsumsi wine.