6 Hal Tentang Olah Raga Skipping

info kesehatan Olahraga lompat tali termasuk salah satu jenis olahraga yang paling murah dan praktis untuk dilakukan. Selain tentu saja olahraga ini punya banyak manfaat seperti meningkatkan fleksibilitas tubuh, menurunkan berat badan, dan menjaga stamina tubuh. Namun, seperti yang dilansir oleh buzzle.com, ada 6 hal yang perlu kita perhatikan jika kita ingin mendapat manfaat maksimal dari olahraga lompat tali. Go check this out!

    Pemanasan

    Jangan langsung terburu-buru melakukan olahraga lompat tali. Anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Agar otot-otot Anda tidak kaku dan kram, Anda harus melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu. Gerakan ringan seperti squat, menyentuh ibu jari kaki, dan melenturkan punggung juga bisa dijadikan gerakan pemanasan.

    Tali dengan Panjang yang Sesuai


    Pastikan bahwa tali yang Anda gunakan panjangnya sama dengan tinggi tubuh Anda. Tali Anda harus bisa sejajar dengan telapak kaki Anda dan pegangan tali Anda harus berada tepat di bagian tengah torso Anda.

    Bahan Pembuat Tali

    Untuk Anda yang masih pemula, sangat disarankan untuk menggunakan tali yang terbuat dari bahan lembut atau fiber. Tali yang terbuat dari plastik atau sintetis bisa membuat Anda cedera.

    Istirahat 1-2 Menit

    Saat Anda melakukan olahraga lompat tali, pastikan Anda mengambil jeda istirahat dari setiap latihan 45 menit. Jadi, 45 menit sekali, Anda harus istirahat selama 1-2 menit.

    Air Putih

    Pastikan Anda tidak kekurangan cairan saat melakukan olahraga lompat tali. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

    Cegah Kram Otot

Selan itu, Anda sebaiknya segera berhenti melakukan olahraga lompat tali saat Anda mulai merasa sangat kelelahan. Jika Anda merasakan sakit di otot-otot abdomen Anda, Anda sebaiknya segera berhenti.

Olahraga lompat tali adalah olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan. Anda juga bisa mengombinasikan olahraga lompat tali ini dengan olahraga lainnya.