Akibat Menatap Monitor Terlalu Lama

info kesehatan Anda pasti pernah mendengar dampak dari melihat layar dalam waktu yang lama yang akan menimbulkan kelelahan, bahkan noda pada mata. Ternyata, dampak buruk dari layar monitor bukan sekedar itu saja. Jika pekerjaan Anda 'memaksa' Anda untuk melihat layar komputer lebih dari 7 jam, nampaknya Anda perlu berhati-hati.
" Terlalu lama menatap monitor membuat mata lebih jarang berkedip. "


Mata kering merupakan sesuatu yang harus Anda waspadai. Pasalnya, sebuah penelitian , seperti dilansir womenshealthmag.com, memperlihatkan kandungan protein MUC5AC yang berfungsi dalam menjaga kelembaban mata lebih sedikit pada pekerja yang harus menatap layar dalam waktu lama dibandingkan dengan pekerja lain.

Mengapa ini terjadi?

Ternyata, seseorang yang menatap layar, akan lebih jarang mengedipkan mata dibandingkan pada keadaan normal. Akibatnya, air mata yang menguap tidak digantikan dengan air mata baru yang keluar pada saat kita mengedipkan mata.

Mata kering menyebabkan ketidak nyamanan pada mata yang juga dapat menimbulkan gangguan pada penglihatan. Karena mata yang kering dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada permukaan mata hingga menyebabkan infeksi. Dampak ini akan menjadi lebih buruk apabila Anda menggunakan lensa kontak, karena lensa kontak dapat menggores mata Anda jika mata Anda kering.

Apa solusinya?

Bagi Anda yang harus menatap layar komputer dalam waktu lama, sebaiknya setiap 15 menit Anda mengistirahatkan mata Anda dengan menatap benda lain selama beberapa saat. Ini dapat membuat mata anda berkedip lebih banyak dan tidak menjadi kering.

Jika Anda merasa mata Anda kering, sebaiknya gunakan tetes mata yang cocok untuk mata Anda.