Makanan Yang Dapat Mengakibatkan Bakteri

info Kesehatan Beberapa waktu terakhir beredar isu tentang larangan mencuci ayam setelah berbelanja di pasar. Menurut Food Standars Agency, hal ini ternyata justru memicu perkembangan bakteri baru
.
Seperti dilansir oleh Care2.com, sebagian besar orang berpikir bahwa mencuci ayam setelah berbelanja akan membuatnya bersih. Namun, penelitian menemukan hal unik lain. Menurut Dr. Jennifer Quinlan dari Universitas Drexel, mencuci ayam sebelum memasak justru akan membuat bakteri semakin tersebar di area dapur. Dengan demikian berarti resiko kontaminasi bakteri semakin besar. Bahkan, kabarnya mencuci ayam dengan air mengalir saja tak cukup membunuh bakteri yang ada.

"Asumsikan bahwa ayam yang Anda beli memiliki kandungan bakteri Salmonella atau Camplyobacter, atau bahkan keduanya. Ketika Anda mencucinya, bakteri akan tersebar melalui tangan dan ke sekitar ruangan dapur.

Dari hasil penelitian, ditemukan juga beberapa penyebab bakteri tersebar:


    Mencicipi apakah makanan tersebut basi: baik mencium, mencicipi dapat membuat bakteri berpindah dari makanan pada tubuh.

    Meletakkan daging yang sudah dimasak ke dalam piring/wadah tempat daging mentah disimpan.
    Melelehkan makanan beku
    Membiarkan makanan dingin terlebih dahulu sebelum masuk di lemari pendingin
    Makan makanan dengan bahan telur mentah
    Merendam daging merah, daging ayam, atau seafood kemudian membiarkannya terlalu lama berada di 
suhu ruang
    Mencampurkan bumbu rendaman pada masakan
    Memasak daging merah, ayam atau seafood kurang matang
    Tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan dan memasak

Kuncinya adalah selalu menjaga kebersihan tangan dan ruangan, selain itu memasak daging haruslah dengan suhu 165 derajat agar bakteri mati dan tidak mengontaminasi tubuh manusia.