Anemia Jangan Di Sepelekan


Info Kesehatan Tekan telapak tangan atau kuku tangan selama satu detik, setelah itu lepaskan dan amati warnanya. Bila telapak tangan atau kuku jari terlihat pucat kebiruan dan tidak segera merah, itu artinya Anda mengalami anemia.

Anemia adalah keadaan dimana kadar hemoglobin dalam tubuh kurang dari normal. Hemoglobin itu sendiri adalah protein dalam sel darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dikatakan anemia bila kadar hemoglobinnya kurang dari 12 g/dl. Selain kulit yang menjadi pucat, anemia punya gejala lain.
Sebut saja mulai dari pusing dan mata berkunang-kunang, lemah, mudah letih, lesu, mudah mengantuk, atau cepat lelah saat bekerja. Kulit pucat itu sendiri bisa tampak juga dari wajah atau bibir. Hal ini tentu saja akan mengganggu penampilan Anda, kan?

Zat besi pada wanita
Sekadar info, seorang wanita aktif membutuhkan 26 mg zat besi/hari. Kebutuhan ini lebih tinggi daripada pria. Saat zat besi yang dibutuhkan untuk menjaga kadar hemoglobin dalam darah tidak tercukupi, maka anemia bisa terjadi. Padahal setiap menstruasi, wanita kehilangan 12-15 mg elemen zat besi. Karena itulah, wanita perlu mewaspadai anemia saat menstruasi.

Sebagai usaha pencegahan, coba konsumsi makanan berzat besi. Ada hati, sapi, daging, telur, susu, atau kacang tanah sebagai pilihan. Namun perhatikan bahwa konsumsi tersebut belum tentu cukup. Ini karena daya absorbsi zat besi pada beberapa makanan, seperti telur, susu, dan kacang-kacangan tergolong rendah. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya mengkombinasikan dengan makanan bervitamin C karena dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Cara lain: konsumsi suplemen penambah darah.

0 Response to "Anemia Jangan Di Sepelekan"

Posting Komentar