Buah Lokal Yang Nilai Gizinya Banyak

Info Kesehatan Siapa bilang buah lokal tak kaya manfaat kesehatan? Berikut lima buah lokal diantara banyak buah Nusantara yang sarat nilai baik untuk kesehatan Anda:

Manggis
Tingginya kandungan zat Xanthone dalam buah manggis bermanfaat sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Zat ini dipercaya dapat menghindarkan berbagai penyakit yang disebabkan peradangan seperti arthritis dan alzheimer, serta bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Buah yang tumbuh di daerah
tropis ini rasanya segar dan mengandung antioksidan yang  melebihi vitamin C dan E sehingga penting juga untuk kecantikan. Kulit buahnya memiliki multi khasiat sebagai antikanker dan obat mujarab mengatasi jantung koroner, HIV dan sebagainya

Cempedak
Kandungan vitamin C cempedak lebih tinggi daripada buah nangka, dan kaya akan vitamin-A. kandungan seratnya yang tinggi, baik untuk pencernaan. Bagi Anda yang ingin diet rendah lemak, cempedak dapat jadi pilihan karena lemaknnya yang rendah (0.4g/100g) dan kadar energi yang tinggi (116kkal/100g). Cempedak juga merupakan salah satu buah yang mengandung kadar air cukup tinggi sehingga baik dikonsumsi tidak hanya untuk menghilangkan dahaga tapi juga mengurangi risiko stroke.

Blewah
Blewah ternyata dapat menjadi senjata untuk menumpaskan asam urat, memelihara kesehatan jantung dan paru-paru serta baik untuk para penderita diabetes dan obesitas. Blewah juga merupakan sumber vitamin A dan betakaroten yang berlimpah. Kandungan antioksidan blewah berperan penting mengurangi konsentrasi radikal bebas. Buah ini juga kaya kandungan vitamin C dan B6, serta gula alami. Selain itu, blewah juga mengandung enzim yang berfungsi absorbsi pada usus. Kandungan potassiumnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri serta sebagai pencahar alami. Namun, buah blewah yang sudah dipotong tidak dapat disimpan lama dan harus segera dikonsumsi hingga habis. Bila dikonsumsi segar tanpa tambahan gula buah ini akan sangat mambantu mengatasi gangguan kulit.

Duku
Kandungan kalori, mineral dan zat besi buah duku lebih tinggi dibandingkan buah apel atau jeruk manis. Duku juga mengandung serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker usus dan berfungsi sebagai antioksidan pencegah tumbuhnya sel kanker. Selain dapat dimakan segar, ternyata kulit buah duku juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Caranya dengan dibakar. Kulitnya juga dapat digunakan sebagai obat diare, dan kulit batang serta bijinya dapat digunakan untuk obat malaria.

Kelengkeng
Buah kelengkeng kaya akan kandungan gizi, terutama energi yang berasal dari sukrosa dan glukosa yang membawa rasa manis di buah. Buah ini juga mengandung gizi lainnya seperti protein lemak, vitamin A,  vitamin B, asam rastarik dan senyawa fitokimia yang berguna bagi kesehatan. Dengan kandungan nutrisi tersebut, buah ini baik untuk meningkatkan stamina dan imunitas, menambah napsu makan dan memperlancar pencernaan, mengatasi cacingan, memperkuat limfa, hernia dan keputihan. Buah ini baik untuk memperlancar peredaran sel-sel darah merah. Kandungan fitokimia dan mineralnya membuat lengkeng berguna sebagai penenang dan menjaga kesehatan jantung serta mengatasi ketegangan saraf seperti stress, sulit tidur dan semacamnya.