Buah Pome Penakal Berbagai Penyakit

Info Kesehatan Khasiat buah pome sebenarnya telah digunakan oleh orang-orang India kuno ratusan tahun lalu dalam terapi pengobatan Ayurvedic, untuk berbagai macam penyakit pencernaan seperti: diare, dysentri, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saluran usus. Biji dan sari buahnya juga dimanfaatkan sebagai ramuan untuk penyakit jantung dan tenggorokan.

Dalam tradisi pengobatan kuno ini, selain buahnya, sari bunga, akar dan pohon buah pome juga digunakan sebagai campuran untuk mengobati penyakit-penyakit seperti: menghentikan hidung dan gusi berdarah, campuran untuk toning kulit, mengencangkan payudara dan mengobati wasir. Pada pome jenis tertentu, tetesan sari buahnya juga dipercaya dapat memperlambat perkembangan katarak.

Penelitian saat ini telah mengungkap lebih banyak lagi manfaat dari buah pome. Pada tahun 2000, sejumlah peneliti Israel mengungkapkan dampak mengonsumsi buah pome secara rutin terhadap pencegahan penyempitan pembuluh darah (atherosclerosis) dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain mampu meningkatkan 20% HDL dalam tubuh manusia, buah pome juga dapat mengurangi oksidasi kolesterol LDL yang berkontribusi untuk menyumbat dan mengeraskan pembuluh arteri.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi rutin sari buah pome dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah infeksi virus. Sementara ekstrak buahnya mempunyai efek antibakteri untuk plak pada gigi. Selain itu, Dr. Farrukh Afaq, peneliti dari University of Wisconsin, Amerika Serikat juga memaparkan, ekstrak buah pome mengandung sejumlah antioksidan tertentu yang dapat mencegah kanker kulit.

Sebuah percobaaan klinis yang dilakukan oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa ekstrak dan sari buah pome juga bermanfaat untuk melawan penyakit seperti: kanker prostat, diabetes, lymphoma, flu, kerusakan otak pada bayi, dan penyakit pembuluh koroner. Bahkan saat ini, popularitas buah pome semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penderita kanker payudara, jantung dan stroke.

Dan kabar baiknya, khusus bagi para wanita matang, kandungan estrone dalam buah pome  sejenis estrogen alami yang juga diproduksi dalam tubuh manusia ternyata dapat membantu mengurangi gejala-gejala menopause seperti depresi dan pengeroposan tulang. Jadi mulai minggu ini, jangan lupa sediakan stok buah pome di kulkas Anda!