Buah Delima Tersimpan Khasiat Luar Biasa

Info Kesehatan Buah yang biasa dikenal sebagai buah delima ini, ternyata mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sari buahnya yang dipercaya sangat berkhasiat tinggi ini telah digunakan untuk berbagai produk makanan, minuman hingga kecantikan. Apa lagi yang menjadikan buah ini sebagai super fruit masa kini?

Cantik di luar, cantik di dalam. Warna biji buah pome yang merah segar rupanya memiliki sejumlah manfaat luar biasa. Penelitian mengungkapkan,
satu gelas sari buah pome mengandung 2 hingga 3 kali lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan satu gelas anggur, teh hijau, ataupun jus jeruk.

Sari buah pome dapat mencukupi 40% kebutuhan vitamin C yang disarankan untuk orang dewasa setiap hari. Selain itu buah pome juga kaya akan folat  vitamin A dan E, vitamin B (riboflavin, thiamin dan niacin), sumber potassium, kalsium dan phosphorous serta sangat kaya akan serat pangan. Kombinasi ini menjadikan buah pome sebagai super fruit yang dapat mencegah banyak penyakit fatal seperti: jantung dan kanker, terutama kanker prostat.

Selain serat pangan yang tinggi, buah pome juga menyimpan lemak tak jenuh dalam setiap bijinya. Tak hanya itu saja, penelitian di laboratorium bahkan mengungkapkan bahwa tingginya jumlah punicalagin –zat antioksidan yang bermanfaat baik-- yang terkandung dalam buah pome merupakan tannin yang unik yang dapat membuang zat-zat radikal bebas. Punicalagin juga terbukti baik bagi saluran pencernaan berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pecahan senyawa ini –yaitu ellagic acid- dapat diserap oleh usus besar dan diduga berfungsi untuk mencegah kanker kolon.

Kehebatan lain dari buah pome ini adalah kandungan zat-zat “baik” seperti polyphenolic catechins yang dapat menghindari cedera otak, termasuk mencegah Alzheimer dan membantu perawatan penyakit Parkinson. Anthocyanins yang terkandung di buah pome juga dipercaya dapat mencegah beberapa penyakit seperti kanker, penuaan dan penyakit saraf, radang, diabetes dan infeksi bakteri.

Selain itu masih ada lagi Gallocatechins, dan sejumlah zat lainnya yang tak kalah penting bagi kesehatan tubuh. Begitu banyaknya manfaat yang diperoleh, tak heran buah pome menjadi primadona untuk aneka produk diet dan makanan sehat.