Camilan Buah Kering Sehat untuk Tubuh

Info Kesehatan Ada banyak macam buah kering (dried fruit) yang biasa kita temui di pasaran. Seperti, kismis, plum, aprikot, hingga nanas dan jeruk yang biasa sudah dalam kemasan.

Buah-buahan ini dapat langsung dimakan atau dicampurkan sebagai tambahan di makanan lain. Bagi Anda yang menerapkan diet tertentu, buah-buah kering seperti kismis atau plum dapat ditambahkan pada yogurt tawar, oatmeal atau sereal gandum sebagai pengganti rasa manis. Hidangan ini baik untuk
Anda yang sudah tidak dianjurkan mengonsumsi gula oleh dokter karena penyakit-penyakit seperti diabetes.

Tetapi sebagai camilan, buah kering akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan mengonsumsi makanan ringan lain.  Seperti cokelat, permen, kerupuk atau goreng-gorengan yang kenyangnya tidak seberapa, dampaknya bisa membahayakan. Buah kering juga hampir tidak mengandung lemak.

Buah kering juga bisa menjadi sumber serat fiber dan potassium yang cukup signifikan dan baik untuk diet sehat. Selain itu juga mengandung gizi penting seperti vitamin A (pada apricot dan peach), kalsium (buah fig), vitamin K (plum kering), serta besi. Plum kering dan kismis mengandung Boron dengan konsentrasi yang cukup tinggi. Boron memiliki kontribusi penting dalam pertumbuhan dan peremajaan tulang dan sendi.

Journal of the American College of Nutrition pernah mengemukakan, antioksidan yang terkandung dalam buah cranberry, anggur dan plum kering meningkat menjadi dua kali lebih
tinggi dibandingkan pada buah segarnya. Bahkan, blueberry kering diketahui mempunyai kandungan antioksidan 4 kali dibandingkan dengan buah segarnya.

Meski demikian, tetap perhatikan beberapa hal berikut ini:
• Hindari memakan buah kering dalam jumlah yang besar layaknya “makan kacang goreng” karena kalori yang dihasilkan lebih besar dari buah segar (dengan jumlah yang sama).
• Baca label dan perhatikan kandungan kalorinya.  Hal ini penting terutama jika Anda penderita diabetes atau pun sedang menghitung kalori; maka pilihlah buah kering yang tidak ditambahkan gula (unsweetened).
• Baca label; apakah dalam proses pengeringannya dilakukan penambahan pemanis buatan atau pun sulfit.
• Jangan jadikan buah kering sebagai pengganti buah segar karena walaupun buahnya sama, proses pengeringan membuat kandungan gizi keduanya berbeda.