Cara Bebas Psikosomatis

Info Kesehatan Sebanyak 19 hingga 22 persen pasien yang datang ke dokter dengan keluhan fisik ternyata mengalami gangguan somatisasi. Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah kulit gatal, jantung berdebar, keluhan lambung, sesak napas, atau perasaan tidak nyaman saat bernapas, nyeri otot, mual, muntah, nyeri saat berhubungan seksual, dan kesemutan. Daripada mengobati penyakit yang asalnya dari pikiran, lebih baik kelola stres Anda. Berikut tip praktis bebas psikosomatis:

•    Bergerak
 Berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu dapat meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan jiwa Anda dan mencegah serangan panik.

•    Berpikir positif
Ini dapat mengurangi rasa sakit bila Anda tengah menderita penyakit.  Pikiran negatif  justru menambah rasa sakit Anda menjadi dua kali lipat.

•    Tidur
Kurang tidur hanya akan membuat Anda rentan terhadap stres. Pastikan Anda makan malam dua atau tiga jam sebelum Anda tidur malam, supaya makan dapat tercerna sempurna untuk mencegah penyakit pencernaan dan asam lambung.

•    Diet tepat

Beberapa penelitian justru menyebutkan bila Anda sering diet tanpa bantuan ahli justru membuat imunitas tubuh berkurang. Hal ini berisiko menimbulkan penyakit kejiwaan, seperti skizofrenia, depresi, cemas, dan serangan panik.

•    Asupan sehat
Nutrisi yang tepat dapat menjaga kesehatan mental Anda. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan B kompleks, seperti kacang-kacangan, ikan, sereal, buah dan sayur.

•    Rileks
Hiduplah lebih santai. Lakukan yoga untuk menghindari serangan depresi atau sekedar rutin mendengarkan musik untuk melatih jiwa Anda tetap tenang. Musik yang tepat dapat menuntun jiwa Anda lebih tenang.

•    Sharing
 Manusia diciptakan untuk bersosialisasi, karena itu jangan memendam masalah. Usahakan Anda memiliki teman yang dapat Anda percaya atau bergabung dalam kelompok diskusi. Memendam masalah, sama saja seperti memendam sampah dalam tubuh Anda. Keluarkan!

0 Response to "Cara Bebas Psikosomatis"

Posting Komentar