Cara mencegah Sakit Kepala

Info Kesehatan Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ungkapan itu perlu selalu jadi semboyan kita untuk menjaga kesehatan. Seperti sakit lainnya, sakit pada kepala juga bisa dicegah. Anda bisa coba cara-cara berikut ini:

Berhenti merokok
Nikotin mengurangi kadar oksigen dalam aliran darah dan meningkatkan rasa panik serta stres.

Kurangi kafein
Terlalu banyak kopi, teh, atau cola bisa membuat Anda gelisah dan menyebabkan gangguan tidur. Bila Anda pengopi berat, kurangi perlahan-lahan karena Anda mungkin akan sakit kepala jika menghentikan konsumsi kafein secara mendadak.


Pijat teratur
Pijat singkat 15 menit di bagian leher, kepala, dan bahu akan bermanfaat. Sekali sebulan, jadwalkan pijat seluruh badan.

Cukup tidur
'Cukup' tentu bervariasi untuk setiap orang. Tapi bila Anda membutuhkan 8 jam dan hanya mendapatkan 5 jam, upayakan semaksimal mungkin mendapatkan kekurangan 3 jamnya, karena tidur adalah pemulihan yang sejati.

Minum cukup air
Sakit kepala bisa disebabkan dehidrasi. Targetkan minum 1,5 sampai 2 liter per hari. Bila Anda merasakan tanda-tanda sakit kepala akan menyerang, minum segelas besar air putih.

Makan yang baik
Hindari melewatkan waktu makan dan pertahankan pola makan sehat dengan banyak konsumsi sayur dan buah. Contoh makanan yang sehat baca di sini

Olahraga 30 menit sehari
Bahkan sekadar jalan cepat akan melancarkan aliran darah dan melemaskan otot yang tegang.

Kunjungi dokter
Bila Anda mengidap insomnia, chronic lethargy (kelelahan berat), bobot tubuh naik atau turun secara drastis, kesedihan atau putus asa yang berkepanjangan, Anda mungkin menderita depresi klinis.

Atasi masalah
Temukan jalan keluar masalah Anda dengan suami, teman atau siapapun yang memiliki hubungan 'toksik' dengan Anda dan mungkin menimbulkan masalah.

Berani berkata "tidak"
Terlalu banyak janji atau komitmen akan mengundang masalah pada diri Anda sendiri -yang ujungnya bisa berakibat stres. Anda tak perlu selalu berkata 'ya' pada setiap tawaran atau permintaan bantuan. Belajarlah berkata 'tidak'.

Beri waktu untuk diri sendiri

Stres akan berkurang jika Anda meluangkan waktu untuk melakukan hal yang Anda sukai atau mengunjungi orang-orang yang Anda sayangi. Bukan 'nanti', tapi 'sekarang'. Jangan berpikir Anda membuang waktu, tapi lihat sebagai investasi kesehatan Anda.