Cara Periksa Payudara Sendiri

Info Kesehatan Periksa payudara sendiri (SADARI) dianjurkan dilakukan antara 7 hari sampai 10 hari setelah hari pertama menstruasi. Pada masa ini, kepadatan payudara berkurang. SADARI dilakukan setiap satu sampai tiga bulan sekali. SADARI tidak seharusnya menggantikan jadwal pemeriksaan fisik oleh dokter dan jadwal mammografi.

Berikut ini langkah-langkah SADARI bagi Anda yang belum tahu:


1. Berdiri tegak.
Cermati bila adanya perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris (asimetris).

2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan di belakang kepala.
Dorong siku ke depan dan cermati payudara; dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk dan ukuran payudara. Otot dada Anda dengan sendirinya berkontraksi saat Anda melakukan gerakan ini.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung dan dorong kedua siku ke depan lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.

4. Angkat tangan kiri ke atas dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung.
Menggunakan ujung jari tangan kanan, raba, dan tekan area payudara dan cermati sekuruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.

5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Konsultasilah dengan dokter seandainya terdapat cairan yang keluar dari puting.

6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. 
Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan melakukan gerakan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Menggunakan ujung jari-jari, tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitaran ketiak. Gunakan tiga pola gerakan untuk mencermati perubahan payudara. Ulangi langkah ini pada sisi berlawanan untuk mencermati payudara sebelah kiri.