Pangkal Tubuh Sehat Hidung Sehat


Info Kesehatan
Info Kesehatan Gangguan pada telinga, hidung, dan tenggorokan cukup sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari dan tak jarang mengganggu kegiatan dan produktivitas. “Memproteksi diri dengan rutin berkunjung ke dokter THT sangat disarankan untuk menumbuhkan kebiasaan sehat serta untuk mencegah gangguan THT
berkembang menjadi penyakit serius,” saran dr. Alfian F. Hafil, (K SpTHT-KL) dari bagian Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) RSCM Jakarta.

HIDUNG
Hidung tersumbat merupakan keluhan terbanyak dari para pasien yang berkunjung ke klinik THT. Menurut dr. Alfian, ini karena hidung berada di bagian atas tubuh. Perubahan cuaca paling sering menjadi penyebab gangguan di sekitar organ hidung.

Jangan lakukan!

Membiarkan pilek atau influenza yang tak kunjung sembuh

Bila terkena flu, kita wajib istirahat dan minum obat yag mengandung parasetamol. Bila tak kunjung sembuh setelah satu-dua minggu, segera pergi ke dokter THT untuk penanganan lebih lanjut. Flu yang tidak tuntas ditangani bisa menyebabkan komplikasi yang berujung pada sinusitis.

Tergantung pada obat

Di saat kepala pusing dan hidung tersumbat, obat-obatan yang mengandung parasetamol sering menjadi penyelamat. Kepala menjadi ringan dan hidung terasa plong. Tapi tahukah Anda bahwa sebetulnya obat pilek di pasaran tidak bisa membunuh virus influenza? Obat bisa menekan nyeri atau meringankan hidung meler yang disebabkan produksi kelenjar yang berlebih, tapi tetap saja akhirnya autoimunitas tubuh Anda sendiri yang menyembuhkan.

Gonta-ganti dokter dan obat
Belum selesai berobat pada dokter yang satu, Anda sudah ‘gatal’ mencari dokter lain, padahal gejala belum hilang dan obat belum habis. Kebiasaan ‘window shopping’  ini akan makin menyulitkan sembuhnya suatu penyakit. Pasien boleh saja proaktif mencari dokter yang bereputasi bagus, tapi ketika sudah berobat, jangan gegabah menghentikan pengobatan hanya karena obat belum bereaksi.


Lakukan ini!

Rutin membersihkan dan merawat filter AC

Di dalam ruangan tertutup, udara berputar di tempat yang itu-itu saja, sehingga bila dalam sebuah ruangan ada satu orang terkena flu, maka penghuni lainnya hanya tinggal menunggu giliran. Mesin pendingin ruangan (AC) dengan kondisi filter yang prima mampu menyaring udara, tapi apabila filter rusak atau kotor, akan menimbun kotoran, misalnya spora jamur. Kotoran itu akan diterbangkan kembali ke ruangan, terhirup, lalu menyebabkan infeksi saluran pernapasan.

Menggunakan disposable masker

Polusi di kota-kota besar kini sudah mencapai taraf mengerikan. Banyak orang lalu mengatasinya dengan memakai masker. Tapi sejauh mana masker menolong? Faktanya, masker memang bisa mencegah masuknya debu karena partikel debu berukuran lebih besar. Tetapi masker  tidak bisa menyaring virus. Bila tetap ingin pakai masker, sebaiknya gunakan yang disposable (sekali pakai). Masker yang dipakai berulang justru akan menjadi sarang bakteri. Akumulasi virus bisa terjadi apabila seseorang bersin saat memakai masker, karena dia akan kembali menghirup kembali virus dan bakteri yang tertinggal di masker.

Bersahabat dengan permen karet

Sering melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat terbang? Perubahan tekanan udara yang sering terjadi tiba-tiba sering membuat telinga nyeri dan berdengung. Kalau ini terjadi, cobalah mengunyah permen karet, karena gerakan mengunyah dan menelan akan membuka tuba eustakius sehingga udara bisa lancar keluar dan masuk ke paru-paru. Pilih permen karet low sugar.

Perhatikan:
Sebelum berkunjung ke dokter, catat riwayat gejala penyakit Anda. Hal itu akan memudahkan dokter untuk membuat diagnosa dan memilih pengobatan yang tepat. Pengobatan untuk pasien dengan riwayat flu dua minggu tentu berbeda dengan pasien dengan riwayat flu lebih lama.


0 Response to " Pangkal Tubuh Sehat Hidung Sehat"

Posting Komentar