Cara Pintar Memilih Susu

Info Kesehatan Ada beberapa jenis susu yang beredar di pasaran. Tiap jenis menawarkan manfaat yang berbeda. Sebelum membeli susu yang terbaik untuk kebutuhan Anda, berikut kami berikan info tentang jenis susu dan tip membeli susu yang tepat untuk gizi tubuh Anda.
Susu full cream:
Terbuat dari susu segar dan tidak mengalami proses penghilangan lemak. Produk susu ini kadar lemaknya harus di atas 3%. Jika berbentuk bubuk, prosesnya harus melalui proses pengeringan yang saat disajikan kandungan lemaknya tetap berjumlah di atas ketentuan 3%.

Susu low fat (rendah lemak):

Produsen mencantumkan label rendah lemak, mengacu pada kandungan gizi di dalamnya. Produk susu rendah lemak berarti produk susu tersebut mengandung lemak 25 % lebih rendah dari produk acuannya. Jadi jika susu full cream mengandung 3 % lemak, maka susu rendah lemak mengandung lemak 25 % lebih rendah dari 3 % lemak susu full cream.

Susu dengan vitamin A, D, dll:
Produsen mencantumkan kandungan gizi tersebut, artiya ada penambahan zat gizi micronutrient dalam produk susu tersebut. Regulasinya, jka ada penambahan vitamin D, tidak boleh lebih dari 20-30 Angka Kecukuoan Gizi (AKG) perhari.

Tip:
• Selalu lihat informasi zat gizi yang tertera pada kemasan, sebelum mengonsumsi.
• Hitung berapa kalori yang Anda dapatkan di tiap sajian susu/gelas dan ukur dengan kebutuhan kalori Anda per-hari.
•  Batas Anda mengonsumsi makanan adalah AKG (kalori)
•  Semakin beragam konsumsi Anda (tidak hanya susu), maka semakin ideal.