Gejal Kanker Yang Sering Di Abaikan

info kesehatan Kanker menjadi salah satu penyakit yang semakin ditakuti. Banyaknya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini membuat orang semakin waspada. Makin banyaknya jenis kanker yang bermunculan harus Anda waspadai, karena gejala yang ditimbulkan seringkali berbeda-beda.

Dilansir oleh Newsmaxhealth.com, kanker tidak selalu ditunjukkan dengan munculnya benjolan atau ruam pada kulit. Inilah 8 gejala kanker yang sering diabaikan.

    Sakit Perut Kronis

    Seringkali kanker lambung dianggap sebagai maag biasa. Gejala ringan seperti mual, perih dan seringnya gejala itu muncul, bisa menjadi tanda bahwa Anda harus segera memeriksakan  kondisi ini. Walaupun obat maag ringan bisa meredakan gejalanya, jika terus berulang sebaiknya Anda periksa lebih mendalam ke dokter.

    Sesak Napas

    Salah satu tanda awal kanker paru-paru adalah sesak napas. Ini tentu berbeda dengan mereka yang menderita asma. Gejala lain adalah batuk hingga berminggu-minggu, baik batuk kering maupun berlendir. Gejala ini akan sangat mungkin terjadi pada perokok. Maka jika sesak napas atau batuk Anda tak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter.

    Gejala Mirip Flu


    Gejala awal kanker getah bening hampir sama dengan flu, yaitu nyeri di sekujur tubuh dan demam. Demam yang sering terjadi bisa disebabkan oleh kanker yang telah menyebar, demikian catatan yang ditulis oleh  American Cancer Society, terutama bagi mereka yang terkena leukemia atau limfoma.

    Suara Serak

    Suara serak tidak hanya disebabkan oleh batuk atau radang tenggorokan. Jika suara serak ini terjadi hingga 2 minggu, bahkan jika kondisinya memburuk, sebaiknya Anda memeriksakannya lebih dalam. Suara serak seringkali menjadi gejala kanker tenggorokan atau kanker paru-paru, bahkan kanker tiroid.

    Lengan Dan Bahu Nyeri

    Rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada lengan dan bahu tanpa sebab yang jelas bisa menjadi salah satu tanda kanker paru-paru yang memburuk. Pembesaran kelenjar getah bening yang menekan saraf bahu bisa menyebabkan rasa nyeri sebelum muncul rasa sesak napas.

    Sering Kembung

    Jika Anda wanita, gejala ini harus diperhatikan. Kembung yang terjadi selama menstruasi atau beberapa hari sebelum menstruasi adalah hal yang normal. Namun jika sering terjadi maka mintalah pemeriksaan mendalam oleh dokter. USG bagian perut disarankan untuk mengetahui apakah Anda memiliki kanker ovarium.

    Sulit Buang Air Kecil

    Pada pria yang sering mengalami sulit buang air kecil, maka waspadai gejala ini sebagai gejala awal kanker prostat. Baik sulit buang air kecil atau aliran urin menjadi lemah, keduanya harus diwaspadai. Segera konsultasikan pada dokter dan mintalah uji untuk memastikan apakah itu adalah kanker prostat atau bukan.

    Sering Merasa Lelah

    Sering merasa lelah adalah gejala awal beberapa jenis kanker, namun yang paling sering adalah leukimia. menurut American Cancer Society, seringnya rasa lelah tanpa sebab (walaupun Anda sudah cukup tidur dan tidak melakukan pekerjaan berat) harus membuat Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Jangan abaikan gejala apapun walaupun itu terasa kecil. Saat tubuh Anda memberi sinyal sekecil apapun, berarti ada yang tidak beres dan sebaiknya Anda periksakan.