Manfaat Menjalankan Puasa Pada Tubuh

info kesehatan Marhaban ya Ramadan, bulan suci untuk umat islam sebentar lagi tiba Ladies. Apa yang sudah Anda persiapkan untuk menyambut datangnya bulan suci ini? Yang pasti Anda perlu berkomitmen untuk menjalankan puasa selama 1 bulan penuh ini. Agar Anda lebih bersemangat menjalankan puasa Ramadan, simak manfaat menjalankan ibadah puasa bagi tubuh Anda seperti dilansir dari livestrong.com berikut ini:

    Menurunkan gula darah

    Ketika Anda menghabiskan waktu berjam-jam tanpa makan atau minum, gula darah Anda otomatis akan turun. Menurut Dr. Razeen Mahroof, tubuh akan melepaskan glukosa yang tersimpan dalam tubuh sebagai energi selama menjalankan puasa. Untuk penderita diabetes, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter jika Anda akan melakukan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Sedangkan untuk Anda yang biasanya memiliki gula darah tinggi, bulan Ramadan selain menjadi bulan penuh berkah, juga membantu Anda dalam menstabilkan gula darah.

    Penurunan berat badan

    Puasa tidak selalu menyebabkan berat badan turun, namun dokter diet Tehran melakukan terapi menurunkan berat badan selama bulan Ramadan untuk orang yang mengalami obesitas. Untuk mengurangi berat badan, ketika berbuka puasa disarankan untuk makan sup, roti, dan makanan yang rendah lemak maupun kalori.

    Gaya hidup sehat

    Jika Anda terbiasa makan-makanan manis, ketika bulan puasa tiba, otomatis Anda akan sedikit mengurangi kebiasaan ini. Ketika saat berbuka tiba, sebaiknya Anda memilih makanan yang kandungan gulanya diproses secara perlahan, seperti biji-bijian dan makanan dengan serat tinggi. Selain itu dengan mengkonsumsi makanan ini, Anda akan merasa tidak begitu lapar di siang hari. Selama berpuasa, Anda akan terbiasa untuk mengendalikan nafsu makan setiap hari.

Semoga Ramadan kali ini benar-benar memberikan berkah untuk Anda Ladies.