Gejala Penyakit Mirip Alzheimer

Info Kesehatan Ada beberapa gejala penyakit lain yang mirip dengan Alzheimer, yaitu sama-sama mengalami gangguan dalam fungsi mengingat. Salah satunya adalah Cretzfeldt-Jacob Disease (CJD), penyakit unik yang kasusnya terhitung langka di dunia (satu di antara 1 juta korban meninggal di Amerika Serikat). Ada tiga jenis CJD: genetik (diturunkan), sporadis, dan infeksi. Gejalanya mirip Alzheimer, tetapi disertai kejang-kejang sewaktu tidur, suhu tubuh penderita naik-turun drastis, serta terjadi gangguan pendengaran dan gangguan dalam gerakan berjalan.
          
Penyakit ini disebabkan oleh prion, semacam protein di dalam tubuh yang mengalami mutasi melalui kontak dengan prion mutasi lain
. Penyakit yang belum ada obatnya ini sangat berbahaya. Setiap peralatan di rumah sakit yang kontak dengan prion harus dimusnahkan, sebab bila infeksinya menyebar, segera saja menjadi wabah.
         
Ada beberapa cara penularan CJD. Pertama, lewat manusia yang menularkan penyakit prion lewat tindakan kanibalisme, atau lewat HGH (Human Growth Hormone) yang terkontaminasi prion, atau lewat transfusi darah dari donor yang terinfeksi, atau yang paling sering, lewat makanan.
       
Penularan lewat makanan pernah menggegerkan Inggris di pertengahan tahun '90-an. Awalnya, sapi-sapi perah di Inggris mendadak jadi garang. Mereka menyerang ketika diperah. Sapi-sapi itu terkena penyakit sapi gila yang disebabkan oleh bovine spongiform encelopahy (BSE). Para peternak menyebarkan penyakit sapi gila ini tanpa sadar dengan memberikan sisa makanan dari sapi yang terinfeksi BSE untuk sapi-sapi mereka yang lain. Namun untuk sementara itu, penyakit tersebut hanya tersebar sebatas pada hewan saja.

Mamun, pada pertengahan '90-an, beberapa orang di Inggris menunjukkan gejala yang hampir sama dengan sapi gila: kejang-kejang, kehilangan koordinasi, dan  mengalami halusinasi. Setelah ditelusuri, sumber penyebar BSE ini telah menulari manusia, yaitu orang-orang yang mengonsumsi ternak yang mengidap BSE. Jenis yang menulari manusia
ini dinamakan CJD varian atau penyakit sapi gila pada manusia (ingat penyakit mad cow?)
        
Kesamaan gejala ini telah mengakibatkan kekeliruan diagnosis dan menurunkan kewaspadaan terhadap penyebaran CJD. Para ahli menduga, ada sebagian kecil diagnosis Alzheimer (sekitar 1%) yang sesungguhnya ternyata mengidap CJD.

0 Response to "Gejala Penyakit Mirip Alzheimer"

Posting Komentar