Jangan Tertipu Dengan Label Sugar Free

Info Kesehatan Jangan mudah tergiur dengan iming-iming 'less sugar' atau 'sugar free' pada kemasan makanan atau minuman. Anda harus lebih cermat dan bijak dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Berikut beberapa tip agar Anda lebih bijaksana mengonsumsi gula:

1. Bila tertulis bebas gula (sugar free), berarti produk tersebut hanya mengandung kurang dari 0,5 mg gula per takaran saji.

2. Bila tertulis 'less sugar' atau 'reduced sugar' berarti kandungan gula telah dikurangi 25% dibanding produk reguler.

3. Konsumsi gula sebaiknya dibatasi sampai 5% dari jumlah kecukupan energi, atau maksimal 3 sendok makan setiap harinya. Konsumsi gula yang berlebihan akan menciptakan cadangan energi tak terpakai, yang akan disimpan dalam bentuk lemak di dalam tubuh.

4. Pemanis buatan selain aspartam adalah sakarin, yaitu hasil reaksi antara sulfur dioxide,klorin, amonia, dan dua biokimia asam. Rasanya bisa 300 hingga 500 kali lebih manis daripada gula alami.
Satu lagi yang perlu Anda ketahui tentang jumlah kalori gula. Bahwa setiap jenis gula tidak dapat dibandingkan jumlah kalorinya, karena setiap jenis gula memiliki tingkat kemanisan dan penggunaan yang berbeda-beda. Sementara gula buatan atau aspartame juga berbeda-beda tingkat kemanisannya. Misalnya, satu sendok teh gula jagung tidak akan sama manisnya dengan satu sendok teh gula tebu dalam secangkir teh hangat.