Keajaiban Sentuhan Tangan

Info Kesehatan Di Seluruh tubuh kita tersebar 'tombol-tombol khusus' yang mampu memulihkan berbagai keluhan fisik maupun mental. Inilah salah satu prinsip dalam Jin Shin Jyutsu (JSJ), seni penyembuhan holistik dari Jepang. Seni yang semula dinamai art of happiness (seni kebahagiaan) atau art of longevity (seni panjang umur) ini berakar dari ilmu pengobatan kuno. Ilmu tersebut dihidupkan kembali oleh Jiro Murai, seorang filsuf Jepang di abad ke-19, setelah ia divonis mengidap penyakit yang tak bisa disembuhkan pada usia 26 tahun. Berkat ketekunannya, Jiro bisa sembuh total hanya dalam waktu 7 hari, melalui meditasi dan
menekan bagian tertentu pada tubuh secara perlahan.

Mengenal 'sekering' tubuh
Secara prinsip, JSJ bisa dianalogikan dengan akupunktur tanpa jarum atau akupresur tanpa tekanan. Karena seni penyembuhan ini hanya mengandalkan sentuhan lembut pada bagian tubuh tertentu namun efektif mengatasi berbagai keluhan fisik maupun mental. “Seni penyembuhan ini sangat aman, nyaman, alamiah, dan tidak menimbulkan efek samping,” ujar Nugdha Achadie, fasilitator JSJ dari True Nature Holistic Healing Jakarta.

Jika dalam akupunktur terdapat 360 titik pada tubuh yang dapat dirangsang, maka dalam JSJ dikenal 26 lokasi yang disebut Safety Energy Locks (SEL). Lokasi-lokasi tersebut berkaitan dengan 12 organ tubuh utama, yaitu lambung, limpa, ginjal, kandung kemih, hati, kantung empedu, paru-paru, usus besar, jantung, usus kecil, diafragma (selaput antara dada dan lambung), dan umbilicus (pusar).

Cara kerja SEL mirip dengan sekering listrik di rumah yang berfungsi sebagai pengaman jika daya listrikyang masuk berlebihan. Jadi, jika tubuh menerima aliran energi yang tidak seimbang, maka SEL di area tersebut akan terkunci. Dalam kondisi tersebut biasanya tubuh, jiwa maupun pikiran kita merasa tidak nyaman. Agar aliran energi kembali normal, SEL yang terkunci itu harus dibuka. Namun jika kita belum terlatih untuk menangkap “pesan” dari dalam tubuh, kita tidak bisa membuka SEL tersebut.

Dalam teori JSJ, kedua tangan kita bisa berfungsi sebagai jumper cable yang dapat membebaskan sumbatan energi melalui sentuhan pada bagian tubuh tertentu. Misalnya jika Anda mengalami gangguan pernapasan di saat flu atau demam, cobalah menyentuh titik pada ujung dalam atas tulang belikat dengan tangan kiri atau kanan beberapa saat sambil bernapas relaks. Sentuhan pada area tersebut dapat melancarkan aliran energi, sehingga sistem kekebalan tubuh kembali normal. “Fungsinya mirip antibiotik, namun bersifat alami,” ujar Nugdha.

Jari-jari ajaib
Secara filosofi, JSJ meyakini adanya keterkaitan antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Jadi jika Anda merasa tidak nyaman pada bagian tubuh tertentu, belum tentu organ tersebut yang sakit. Karena sebagian besar hambatan energi disebabkan oleh lima emosi dasar manusia, yaitu : worry (khawatir atau terlalu banyak berpikir), fear (takut), anger (marah), sadness (sedih), dan pretens atau trying to (berpura-pura, berusaha terlalu keras, atau ‘ngoyo’).

Jika salah satu emosi muncul, akan terjadi ‘korslet’ pada jalur energi terkait, sehingga muncul rasa tidak nyaman pada bagian tubuh tertentu. Misalnya jika Anda sedang sedih, maka akan berpengaruh pada fungsi paru-paru dan usus besar.

Hebatnya, JSJ juga mengajarkan 'jalan pintas' untuk menyelaraskan emosi dan organ tubuh. “Caranya cukup dengan mengatur napas dan relaks sambil menggenggam lembut jari-jari Anda secara bergantian,” jelas pria yang belajar pada dua instruktur JSJ senior, Wayne Hackett dan Carlos Gutterres. Masing-masing jari terhubung pada area SEL atau meridian energy tertentu di tubuh kita.

Jika dilakukan rutin, Anda tidak hanya membuka SEL yang terkunci atau membebaskan hambatan energi pada tubuh, emosi yang mendasarinya pun otomatis ‘plong’. Melalui cara ini pula kita bisa me-recharge energi tubuh setiap hari.

Terapi untuk keluarga

Pada dasarnya JSJ bisa digunakan untuk membantu berbagai keluhan fisik dan mental, atau yang berkaitan dengan proses pemulihan kekebalan tubuh. JSJ juga sering dipakai untuk menangani kasus migrain, stress, gangguan otot, sendi, pernapasan, sistem pencernaan, dan organ reproduksi. JSJ bisa diterapkan bagi diri sendiri dan orang lain, bahkan anak-anak pun bisa melakukan JSJ secara mandiri. Melalui JSJ, kita diingatkan kembali akan kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri.


0 Response to "Keajaiban Sentuhan Tangan"

Posting Komentar