Keluarga Tidak Harmonis Bisa Menyebabkan Serangan Jantung

info kesehatan Selama ini kita percaya bahwa penyebab sakit jantung salah satunya adalah kolesterol, tekanan darah tinggi, atau komplikasi penyakit lainnya, namun sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa pernikahan yang tidak bahagia bisa menjadi salah satu penyebab serangan jantung.

Sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal Psychosomatic Medicine menyebutkan bahwa mereka yang menjalani pernikahan tidak bahagia lebih mungkin mengembangkan gangguan kardiovaskular, salah satunya adalah serangan jantung, 

Penelitian ini dilakukan oleh University of Pittsburgh. Mereka melakukan penelitian pada 281 orang dewasa dan setengah baya yang telah menikah. Interaksi antar pasangan dicatat, sekaligus riwayat kesehatan jantung mereka.

Pasangan yang bahagia memiliki jantung yang lebih sehat dibanding rekan mereka yang tidak bahagia dengan pernikahannya. Pasangan yang tidak bahagia ini memiliki kemungkinan mengembangkan serangan jantung sebesar 8,5 persen.

"Temuan ini membuat implikasi yang lebih luas," ujar Nataria Joseph, kepala penelitian. "Ini membuktikan bahwa hubungan romantis dalam pernikahan memiliki peran yang sangat penting pada kesehatan secara keseluruhan. Kebahagiaan pernikahan akan berpengaruh pada biologis, psikologis, interaksi sosial yang pada akhirnya menentukan kesehatan fisik," lanjutnya.

Sekarang Anda punya alasan lebih untuk memiliki pernikahan yang bahagia. Jika Anda dan pasangan bahagia, maka tubuh juga lebih sehat secara keseluruhan.