Kopi Berguna Untuk Menjaga Kesehatan

Info Kesehatan Dari dulu minum kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup. Tapi selain menjadi teman untuk berbincang, kopi juga berguna untuk menjaga kesehatan. Berikut ini 5 manfaat di antaranya, yang bisa Anda peroleh jika Anda adalah pencinta kopi:

1. Mencegah penyakit saraf
Peminum kopi berkafein cenderung terhindar dari penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandungan antioksidannya mencegah kerusakan sel yang terkait dengan penyakit Parkinson. Sedangkan kafeinnya menghambat peradangan di dalam
otak yang terkait dengan Alzheimer.

2. Melindungi gigi

Kafein di dalam kopi bersifat antibakteri dan antilengket, sehingga dapat mencegah tumbuhnya bakteri yang menggerogoti lapisan gigi. Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dapat mencegah risiko kanker mulut sampai 50%. Zat di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.

3. Menurunkan risiko kanker payudara

Menjelang masa menopause, wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38%. Kopi melepaskan fitoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor. Namun manfaat tersebut tak ada jika seseorang minum kurang dari 4 cangkir kopi setiap hari.

4. Mencegah diabetes

Orang yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi secara reguler atau kopi dekaf (kadar kafeinnya dikurangi) akan menurunkan risiko penyakit diabetes hingga 30%. Asam klorogenik di dalam kopi bisa mencegah resistensi insulin yang menjadi penyebab penyakit ini.

5. Menetralkan bau

Ampas kopi berguna untuk menetralkan bau tidak sedap, misalnya di dalam lemari makan atau lemari es.