Kulit Manggis Baik Untuk Kesehata


Info Kesehatan Pohon manggis akan tumbuh dengan baik di atas tanah dengan ketinggian 500-1000 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan merata sepanjang tahun. Buah ini tergolong musiman, sehingga sulit ditemukan di luar musimnya. Saat tiba musimnya, buah ini begitu melimpah, tapi sayangnya hanya buahnya saja yang dikonsumsi, sedangkan kulit buahnya dibuang. Bila ingin memanfaatkan kulitnya untuk kesehatan, Anda dapat membuat jus kulit manggis sendiri di rumah. Tetapi bila Anda memilih jus buah manggis dalam kemasan yang lebih praktis, cermati hal-hal berikut:


Cek kondisi kesehatan
Dengan melakukan tes darah dan urin untuk mengetahui status kesehatan Anda sebelum mulai mengonsumsi jus manggis. Dengan demikian Anda dapat memantau bila terjadi perubahan pada status kesehatan Anda. Misalnya, bila terjadi penurunan kadar kolesterol, gula darah, dan berat badan. 

Catat setiap perubahan
Manggis yang terkenal sebagai super food bisa memberi dampak mengejutkan. Bila Anda memiliki gangguan jantung, ginjal, diabetes, dan depresi, tetaplah menjalani pengobatan seperti biasa, informasikan kepada dokter bahwa Anda akan mengonsumsi jus manggis sebagai suplemen. Lakukan kontrol kesehatan secara rutin sesuai jadwal yang disarankan. Selama Anda mengonsumsi jus manggis, sangat mungkin terjadi beberapa perubahan, misalnya tidur lebih nyenyak, persendian lebih lentur, libido meningkat, dan nafsu ngemil berkurang. Perubahan ini perlu Anda catat. Bila Anda menghentikan mengonsumsi jus manggis, Anda akan tahu perbedaannya.

Kocok dahulu sebelum diminum
Kulit manggis yang pahit mengandung 42 macam antioksidan yang disebut xanthone dan berbagai vlavonoid yang disebut catechins. Jus manggis yang Anda konsumsi mungkin tidak murni dari buah manggis, tetapi dicampur buah lain untuk menutupi rasa pahitnya. Jus ini mengandung 'pulp' yang pekat, yang biasanya mengendap di dasar botol. Endapan inilah yang mengandung banyak nutrisi, sehingga Anda harus mengocoknya dulu sebelum menuang ke dalam sloki ukuran.

Jangan minum langsung dari botolnya
Ini bukan sekadar urusan sopan santun. Meminum langsung dari botol akan meninggalkan air liur yang berisi banyak enzim, yang akan merusak jus manggis di dalam botol, sehingga efektivitas manfaatnya akan berkurang.

Makan dulu
Sebagai antioksidan super, xanthone berfungsi memecah lemak. Dalam kondisi perut kosong, manfaat jus manggis tidak akan maksimal dan tubuh tidak dapat memperoleh segala kebaikan dari jus manggis. Suplemen ini hanya akan 'numpang lewat' dan akhirnya dibuang lewat urin. Konsumsilah jus manggis tepat sehabis makan.

Jangan langsung ditelan
Biarkan sebentar berada di dalam rongga mulut seperti saat sedang berkumur. Dengan cara ini, rongga mulut akan terjaga kesehatannya.

Habiskan sisa endapan
Habiskan sisa endapan di dasar sloki dengan mencampurnya dengan air putih agar tak ada setetes jus pun yang terbuang sia-sia.

Simpan dalam lemari es
Simpan dalam lemari es tapi bukan dibekukan. Dalam kondisi terdesak dan Anda tidak mempunyai penangkal gangguan kulit, misalnya ketika disengat binatang, terpotong, atau mengalami luka bakar, oleskan jus manggis pada luka.