Hindari Kebiasaan Makan Yang Merugikan


info kesehatan Makan bukan hanya berfungsi untuk mengenyangkan perut, tetapi juga memberi nutrisi untuk tubuh. Jika salah makan, bukannya sehat, Anda malah menimbun penyakit. Selain kesalahan pemilihan bahan makanan, Anda juga bisa merugikan tubuh sendiri, jika melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut:

1. Makan sambil bepergiaan
Makan di mobil, apalagi bila Anda menyetir sendiri, tidak memberi Anda kesempatan untuk memperhatikan apa yang Anda makan.  Makan cepat dan terburu-buru memberi Anda peluang untuk makan lebih banyak. Soalnya, pikiran Anda lebih sibuk memikirkan hal lain, sehingga tidak
menyadari berapa banyak yang telah Anda makan. Selain itu, penelitian tahun 2010 yang dimuat dalam  jurnal Nature Neuroscience menyebutkan, tikus yang diberi makanan cepat saji secara teratur akan mengalami perubahan pada kimiawi otaknya. Tikus ini menjadi obesitas dan kehilangan kemampuan untuk menentukan apakah dia lapar atau tidak. Fastfood memang bisa menimbulkan kecanduan.   

2. Makan dalam porsi besar
Makan melebihi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terjadi di saat Anda makan sambil nonton TV. Ada juga orang yang makan berlebihan ketika merasa kesepian atau tertekan. Untuk mengendalikan porsi makan, ketahui dulu takaran yang dianggap cukup, baru setelah itu berlatih untuk menyesuaikannya. Letakkan makanan dalam piring kecil, dan duduklah di meja makan saat Anda makan. Hindari meletakkan makanan di tempat yang mudah diraih saat Anda sedang menonton TV. Simpan jauh-jauh wadah keripik dari jangkauan tangan.

3. Makan untuk mengurangi stres
Setelah melewati jam kerja panjang yang melelahkan, makan sepotong piza berkeju tebal dan minum segelas soft drink pasti nikmat sekali. Tapi ingat, menggunakan makanan untuk mengurangi stres adalah jalan pintas untuk meningkatkan berat badan. Ketika Anda dilanda stres atau ketegangan, bersantailah tanpa melibatkan makanan. Lepaskan stres dengan ngobrol dengan teman di taman atau berjalan santai di atas treadmill. 

4. Menunda makan
Menunda makan juga ampuh meningkatkan berat badan. Saat Anda menunda makan, rasa lapar akan meningkat dan kadar gula darah drop. Banyak orang lantas ‘balas dendam’dengan makan dengan porsi banyak atau dengan makan camilan sebanyak-banyaknya. Lebih baik makan secara teratur, mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam pada waktu yang sama.  

5. Makan tengah malam 
Makan atau ngemil tengah malam akan memberi tambahan kalori yang tidak dibutuhkan oleh tubuh yang sudah siap beristirahat.  Bila Anda juga termasuk penganut gaya hidup kurang gerak (sedentary lifestyle) –gemar menonton TV atau browsing internet— makin banyak lagi kalori yang tertimbun dalam bentuk lemak di tubuh. Hilangkan kebiasaan ini dan temukan kegiatan lain yang menyenangkan untuk mengusir rasa bosan. Misalnya, latihan yoga atau ikut kursus dansa.