Manfaat Bangun Pagi

info Kesehatan  Kalau kata orang tua, masih perawan sebaiknya jangan bangun siang hari. Bangun haruslah di pagi hari agar rejeki tidak dipatok ayam. Ada benarnya lho kalau dipikir-pikir. Dengan bangun lebih pagi memang banyak hal yang bisa Anda lakukan. Menurut penelitian, bangun lebih pagi mempengaruhi banyak hal di dalam hidup.

Ulasan Manfaat Bangun Pagi

 
    Lebih ceria

    Mereka yang bangun lebih pagi umumnya punya mood yang lebih ceria dan bahagia ketimbang orang-orang yang bangun terlambat. Studi ini dilaporkan dalam jurnal Emotion tahun 2012 di mana ternyata sistem syaraf dipengaruhi kebiasaan bangun pagi ini.

    Lebih aktif

    Bangun lebih pagi bukan bikin badan jadi lemas lho, malah justru lebih aktif dan terasa penuh energi. Apalagi jika disertai dengan senam-senam singkat atau sekedar pemanasan. Hal ini dibalas lebih dalam di Journal of Applied Psychology Sosial tahun 2009.

    Cenderung memilih makanan sehat

    Studi universitas Northwestern 2011 membuktikan bahwa mereka yang bangun lebih pagi punya kecenderungan memilih makanan sehat. Tingkat BMI-nya juga lebih rendah ketimbang mereka yang kurang tidur dan sering bangun siang.

    Tingkat depresi lebih rendah

    Penelitian di Jerman pada tahun 2013 menemukan hubungan antara depresi yang lebih tinggi dengan kecenderungan tidur larut malam. Mereka yang tidur cukup dan bisa bangun lebih pagi memiliki tingkat depresi rendah.

Bagaimana? Masih ingin melanjutkan begadang dan bermalas-malasan hingga siang di tempat tidur? Lebih banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan lho bila Anda jadi morning person.