Tahu Sebagai Menu Utama

Info Kesehatan Tahu terbuat dari sari kedelai yang diproses secara alami dan bebas dari gluten serta rendah kalori. Tahu tidak mengandung kolesterol dan merupakan sumber protein. zat besi, serta kalsium. Bagi pelaku vegetarian, tahu adalah sumber protein penting.

Dalam pembuatan tahu, pertama-tama susu kedelai digumpalkan dan dipisahkan dari airnya. Hasilnya kemudian ditekan dan dipadatkan menjadi balok-balok putih mirip agar-agar. Kedelai yang menjadi bahan utama pembuatan tahu merupakan sumber protein lengkap. Menyediakan semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan dalam diet serta tinggi kandungan asam lemak omega-3.

Kandungan isoflavon di dalam kedelai sendiri sering dikaitkan dengan penurunan resiko osteoporosis, sedangkan kalsium dan magnesiumnya membantu mengurangi gejala PMS, mengatur gula darah dan mencegah sakit kepala migrain.

berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi tahu:

    Mencegah penyakit jantung

    Mengonsumsi tahu sebagai alternatif protein hewani dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL yang pada gilirannya juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

    Mencegah kanker payudara dan kanker prostat

    Kandungan ginestein dan isoflavon dalam kedelai cukup dominan, keduanya mengandung sifat antioksidan yang menghambat pertumbuhan sel kanker.
    Mencegah diabetes tipe 2

    Orang yang menderita diabetes tipe 2 seringkali mengalami penyakit ginjal, menyebabkan tubuh mengeluarkan jumlah protein berlebihan lewat urin. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi protein kedelai dalam diet maka protein akan diekskresikan di dalam tubuh mereka.

    Mencegah osteoporosis

    Selain berperan sebagai zat antioksidan, isoflavon dalam kedelai dikenal untuk mengurangi kehilangan tulang serta meningkatkan densitas mineral tulang selama menopause.

    Mencegah kerusakan hati

    Penelitian juga menunjukkan bahwa tahu memiliki koagulan yang dapat digunakan untuk mencegah kerusakan hati yang disebabkan radikal bebas.

    Mencegah penyakit otak

    Berdasarkan temuan epidimiologi geografis, telah berhasil diamati bahwa mengonsumsi jumlah kedelai lebih besar dapat mengurangi penyakit disorder.


Dengan sedemikian banyak jumlah manfaat yang diberikan oleh tahu, tak ada salahnya apabila Anda mengonsumsi tahu dan memasukkannya dalam menu sehari-hari.