Manfaat Lemak Bagi Tubuh


Almond
Menurut penelitian di University of California, mengganti separuh konsumsi lemak (yang berasal dari makanan serta dari minyak goreng), dengan lemak almond, yang terdiri dari 48 biji almond dan 42 gram minyak almond per hari selama 6 minggu, dapat menurunkan kolesterol total sebesar 4 persen, kolesterol jahat (LDL) 6%, trigliserida (lemak darah) 14 persen, dan menaikkan kolesterol baik (HDL) 6 persen.


Hasil penelitian lain yang dipresentasikan dalam Konferensi Experimental Biology beberapa waktu lalu, almond diketahui punya efek kecil dalam menaikkan kadar dula darah, sehingga aman bagi penderita diabetes. Menurut JoAnn Hattner, ahli gizi di Stanford University Medical Center, mengonsumsi almond bersama oatmeal, daging rendah lemak, serta ikan, juga sama efektifnya seperti Statin –obat penurun kolesterol-- dalam menurunkan LDL.

Karena mengandung protein, serat, vitamin E, magenisum, serta kalsium, almond cocok dijadikan camilan. Anda juga bisa menaburkan irisan almond pada kari, juga ayam atau fillet ikan panggang.


Avokad

Avokad kaya lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol total maupun LDL. Beberapa penelitian menunjukkan, lemak tak jenuh tunggal bisa mencegah kanker payudara. Menambahkan avokad pada salad dan saus salsa bisa meningkatkan penyerapan karotenoid (provitamin A) yang menurunkan risiko penyakit jantung serta degenerasi makula, penyebab utama kebutaan.

“Avokad mengandung senyawa pelindung jantung yang lain, seperti serat larut, vitamin E, asam folat, dan potasium,” demikian menurut Elizabeth Somer, RD, pengarang buku 10 Habits That Mess Up A Woman’s Diet. Selain untuk es campur atau jus, gunakan avokad yang di-blender sebagai pengganti mayones. Satu sendok makan avokad mengandung 7 gram lemak, sementara mayones 11 gram.

Biji bunga matahari
Biji bunga matahari mengandung asam linoleat, salah satu asam lemak esensial yang diperlukan untuk membuat asam lemak lain, serta baik bagi jantung. Menurut penelitian Pennsylvania State University, mengonsumsi 2-3 sendok makan kuaci biji bunga matahari selama sebulan dapat menurunkan LDL sebesar  6 persen, sementara minyak zaitun tidak memberi efek penurunan.

Minyak biji bunga matahari bisa diperoleh dari kuaci biji bunga matahari. Pilih yang tanpa garam. Karena minyak ini mudah tengik, simpan kuaci dalam wadah tertutup rapat di kulkas.

Edamame
Kedelai jepang ini bisa menjadi pengganti daging. Hasil studi yang tercantum dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, pola makan yang mengganti setiap porsi daging (ukuran 1 dek kartu remi) dengan 1 gelas edamame matang, dua kali per hari selama 8 minggu, dapat menurunkan tingkat kolesterol total sekitar 9 persen.

Tambahkan edamame sebagai pengganti daging saat Anda menumis brokoli, asparagus, atau bokcoy. Atau bisa juga makan edamame kukus sebagai camilan.